Sering Sakit Perut Sebelah Kiri, Tengok Mungkin Anda Kena Penyakit Ini!

Grahanusantara.co.id – Bagian kiri perut merupakan lokasi usus besar manusia. Untuk wanita, bagian tersebut juga menjadi tempat ovarium. Apabila perutmu merasakan sakit yang terbilang ringan, tidak perlu khawatir terjadi gangguan yang berbahaya. Hal tersebut dapat hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua hari setelahnya.

Namun, apabila gangguan yang terjadi menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan dan terjadi lebih dari dua hari, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan. Bukan tidak mungkin gangguan yang berbahaya sedang terjadi dan berakibat fatal. Berikut beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu diketahui:

1. Ovulasi

Salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri yang harus diketahui adalah terjadinya ovulasi. Kondisi yang dikenal dengan masa subur ini akan menimbulkan perasaan sakit atau kram pada bagian perut tersebut. Gejala lainnya yang dapat terjadi ketika seseorang sedang dalam mengalami ovulasi adalah timbulnya rasa mual dan keputihan. 

2. Gastritis

Gangguan lainnya yang dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri adalah gastritis. Hal ini terjadi ketika  lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan, atau pengikisan hingga menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri H. Pylori, yaitu bakteri yang menghasilkan lendir di lapisan lambung. Gejala lainnya yang dialami selain sakit perut sebelah kiri atas adalah mual, muntah, serta perut terasa penuh setelah makan.

3. Penyakit Ginjal

Sakit perut sebelah kiri juga dapat terjadi disebabkan terganggunya ginjal, termasuk infeksi ginjal dan batu ginjal. Pada infeksi ginjal, gejala yang timbul berupa sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual dan muntah, serta nyeri di pangkal paha. Sedangkan jika disebabkan oleh batu ginjal, gejala yang umum terjadi berupa sakit perut kiri bagian bawah, keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan urine yang berdarah.

4. Peradangan Pankreas

Organ lainnya yang berada di sisi kiri perut setiap manusia adalah pankreas. Jika terjadi gangguan pada organ tersebut, maka akan timbul perasaan sakit pada perut bagian kiri atas hingga ke punggung. Gangguan yang kerap terjadi adalah peradangan pada pankreas yang dapat menimbulkan rasa sakit ketika berbaring, makan, dan minum. Gejala lainnya yang dapat dirasakan adalah demam, diare, perut sakit saat disentuh, hingga mual dan muntah.

Baca juga https://www.grahanusantara.co.id/4199/2020/07/18/5-pantangan-makanan-untuk-pengidap-radang-usus/