Ingin Tetap Bugar dan Sehat Selama Berpuasa? Ini 10 Tipsnya

Graha Nusantara, Jakarta – Ramadhan sudah tinggal menghitung hari lagi. Menjalankan ibadah puasa dengan bugar merupakan suatu kenikmatan yang tak tergantikan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan selama berpuasa menjadi suatu kebutuhan.

“Beberapa tips puasa sehat yang dapat membantu Anda mengarungi bulan Ramadan adalah minum yang cukup, jangan kalap saat berbuka, mengonsumsi protein, hingga melakukan olahraga ringan,” ujar dr. Reni Utari, dilansir dari sehatq, Jumat (17/2/23).

Berikut 10 tips tetap sehat dan bugar selama puasa:

1. Konsumsi air putih yang cukup

Mengkonsumsi air putih yang cukup dalam membantu mengurangi rasa lemas saat berpuasa. Selain itu, tubuh dapat terhidrasi dengan baik ketika konsumsi air putih terpenuhi.

Oleh karena itu, konsumsilah air putih selama tidak berpuasa seperti diwaktu sahur, berbuka, dan waktu diantara keduanya.

2. Tidak bermalas-malasan

Banyak orang yang pada akhirnya bermalas-malasan selama berpuasa. Padahal seharusnya hal tersebut tidaklah baik dilakukan. Para ahli menyarakan untuk beraktivitas ringan seperti berjalan di sekitar rumah maupun bermeditasi.

3. Tidak konsumsi makanan berlebihan ketika berbuka

Berpuasa seharian penuh membuat keinginan mengkonsumsi beragam makanan ketika berbuka menjadi tinggi. Hal tersebut membuat banyak orang mengkonsumsi makanan ataupun minuman secara berlebihan ketika berbuka.

Kegiatan tersebut sebaiknya sangat dihindari. Hal tersebut dapat membuat perut merasa kaget, kembung kelelahan hingga menyebabkan kantuk setelah makan. Oleh karena itu, berbukalah dengan makan secukupnya.

4. Konsumsi protein

Otot-otot di dalam tubuh dapat menyusut karena berkungnya kalori ketika berpuasa. Penyusutan tersebut dapat disiasati melalui konsumsi protein selama sahur dan berbuka.

Berbagai makanan memiliki kandungan protein yang tinggi. Diantaranya edamame (9 gram protein per satu cangkir), dada ayam (27 gram protein), hingga Greek yogurt (11 gram protein).

5. Kurangi makanan olahan

Mengkonsumsi makanan yang telah diolah atau yang telah diproses dapat mengurangi resiko kanker, penyakit jantung, serta beragam penyakit kronis lainnya.

Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang tidak mengalami proses pengolahan selama berpuasa untuk menjaga kondisi tetap sehat. Contohnya buah-buahan, sayuran, hingga daging sapi atau ayam (yang bukan olahan).

6. Berolahraga ringan

Berolahraga ringan selama berpuasa sangat direkomendasikan. Kondisi tubuh dapat tetap terjaga kebugarannya dengan berolahraga.

Berolahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, atau sekadar melakukan pekerjaan rumah (mencuci, menyapu, atau menyiram kebun) sangat baik untuk menjaga kekuatan serta kesehatan selam berpuasa.

7. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis

Makanan atau minuman manis mengandung gula yang dapat menjadi sumber energi. Tetapi sayangnya energi yang diberikan gula tidaklah bertahan lama. Oleh karena itu, konsumsi makanan atau minuman manis secara berlebihan selama puasa tidak disarankan.

8. Mengurangi konsumsi makanan berminyak

Pada saat berbuka, salah satu makanan yang sering dikonsumsi adalah gorengan. Sayangnya konsumsi gorengan secara berlebihan selama berpuasa sangatlah tidak disarankan selama berpuasa.

9. Tidur yang cukup

Masalah yang kerap datang ketika berpuasa adalah mengantuk. Rasa kantuk yang datang bukanlah disebabkan oleh kurangnya asupan makanan melainkan kurangnya istirahat yang cukup.

Perubahan jadwal tidur karena harus bangun lebih awal untuk sahur sehingga waktu tidur malam kemungkinan dapat berkurang. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidur lebih awal.

10. Berkonsultasi dengan dokter

Apabila selama Ramadhan terdapat obat-obatan yang harus dikonsumsi karena tengah menjalani pengobatan maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pada saat berpuasa, obat-obatan tersebut tak dapat dikonsumsi. Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian-kejadian yang tak diinginkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu adalah pilihan yang bijak.

Komentar