10 Makanan Ini Sangat Baik Dikonsumsi Ketika Sahur, Ada Kurma Hingga Quinoa

Graha Nusantara, Jakarta – Ramadhan sudah didepan mata. Puasa sebagai salah satu kegiatan yang wajib dilakukan menjadi suatu hal yang penting dan perlu perhatian lebih untuk mempersiapkan diri bukan hanya batin tetapi secara lahir juga.

Salah satu caranya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat ketika waktu sahur. Konsumsi makanan yang sehat bukan hanya dapat bermanfaat untuk tubuh tetapi juga dapat membantu menjalankan puasa dengan lebih mudah.

“Mengkonsumsi menu sahur yang tepat dapat berdampak baik pada tubuh Anda selama menjalani ibadah puasa. Maka dari itu, cobalah berbagai menu sahur sehat yang lezat dan mudah dibuat, seperti buah kurma, granola, hingga oatmeal” ujar dr. Anandika Pawitri, dilansir dari sehatq, Selasa (22/3/23).

Berikut rekomendasi makanan yang baik dan sehat ketika waktu sahur:

1. Protein Rendah Lemak

Makanan yang mengandung protein dapat menahan rasa keyang lebih lama. Lantaran protein dicerna secara perlahan oleh tubuh.

Sehingga makanan dengan protein sangat baik untuk menu sahur. Selain itu, selama puasa kadar gula darah akan stabil karena konsumsi protein. Makanan dengan protein contohnya seperti ayam, ikan, telur.

2. Kurma

Konsumsi kurma pada saat sahur dapat bermanfaat bagi tubuh karena kurma memiliki banyak manfaat didalamnya. Kurma dapat dikonsumsi langsung atau dengan tambahan berbagai makanann lainnya.

Contohnya perpaduan kurma dengan oatmeal pada saat sahur. Contoh lainnya yaitu konsumsi kurma dalam bentuk air nabeez yakni kurma yang telah direndam semalaman dengan air.

3. Lemak Sehat

Lemak sehat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Hal tersebut membuat makanan yang mengandung lemak sehat sangat baik dikonsumsi ketika sahur.

Contoh makanan yang mengandung lemak sehat yaitu alpukat, lemak dari kacang-kacangan, hingga minyak zaitun.

4. Buah-buahan

Haus menjadi salah satu rasa yang timbul ketika berpuasa. Konsumsi buah-buahan yang kaya dengan kandungan air dapat memenuhi kebutuhan air sehingga ketika berpuasa rasa haus tak mudah datang.

Contoh buah-buahan yang kaya dengan kandungan air yaitu semangka, melon, apel hingga pir. Konsumsi buah pisang juga baik untuk membuat rasa kenyang dapat bertahan lebih lama karena kandungan serat yang tinggi.

5. Granola

Konsumsi granola dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Oleh karena itu, konsumsi granola baik untuk menu saat sahur.

6. Oatmeal

Oatmeal dapat menjadi pilihan makanan yang baik dikonsumsi ketika sahur. Makanan yang biasanya dikonsumsi ketika sarapan ini dapat dibuat dengan berbagai variasi mulai dari dipadukan dengan susu hingga berbagai buah-buahan.

7. Sayuran

Sayuran yang memiliki kandungan cairan tinggi sangat baik dikonsumsi ketika sahur. Konsumsi jenis sayuran ini lebih baik dikonsumsi tanpa pengolahan. Contohnya seperti timun, tomat, atau daun seledri.

8. Kacang-kacangan

Makanan selanjutnya yang dapat menahan rasa kenyang ketika berpuasa yakni kacang-kacangan. Konsumsi kacang-kacangan dapat dipadukan dengan berbagai bahan seperti susu hingga yohurt.

9. Bubur Quinoa

Vegetarian tidak perlu khawatir ketika berpuasa. Konsumsi protein dari daging dapat diganti dengan quinoa. Quiona memiliki kandungan serat dan protein yang dapat bermanfaat ketika berpuasa. Quinoa juga tidak memiliki kandungan gluten dibandingkan dengan oat pada umumnya.

10. Yogurt

Rasa lemas ketika berpuasa dapat disiasati dengan konsumsi yogurt ketika sahur. Yogurt dapat dipadukan dengan berbagai makanan sehat lainnya seperti buah blueberry maupun strawberry.

Terdapat pula makanan yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika waktu sahur. Makanan-makanan tersebut yaitu:

  • Karbohidrat rafinasi, seperti kue-kuean, roti, pasta, waffle
  • Teh dan kopi
  • Makanan yang digoreng
  • Makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi
  • Makanan dengan kandungan banyak pewarna, perasa, atau pengawet.

Komentar