MAKI: Ketua KPK Harus Segera Koordinasi dengan Dewas untuk Redakan Konflik

Graha Nusantara, Jakarta – Hubungan antara pimpinan KPK dengan Dewan Pengawas (Dewas) KPK memanas selepas Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron melaporkan anggota Dewas KPK, Albertina Ho, ke Dewas KPK. Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) memberikan saran agar Nawawi Pamolango yang merupakan Ketua KPK sementara untuk turun langsung berkoordinasi bersama dalam meredakan persoalan.

“Ketua KPK Pak Nawawi harus segera koordinasi dengan Dewas untuk meredakan ini,” ujar Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, Kamis (25/4/2024).

Boyamin menyampaikan konflik itu tidak elok. Dirinya menyampaikan hal tersebut menyebabkan KPK dan Dewas terlihat seperti sedang berkelahi.

“Ya nggak elok aja. Kesannya jadi kayak berkelahi,” ucapnya.

Boyamin mengibaratkan KPK dan Dewas layaknya dirigen yang memandu lagi. Apabila lagu yang dipandu sumbang maka akan salah.

“Ya rapat bareng lah antara Dewas dan pimpinan KPK. Artinya gini, pimpinan KPK dan Dewas itu kan jadi bosnya di KPK, untuk jadi dirigen, kalau lagu yang dihasilkan sumbang kan salah. Rakyat ini pengen menerima KPK terlibat memberantas korupsi dengan sehebat-hebatnya. Tapi kalau ditunjukkan perkelahian ini kan sangat tidak elok,” tambahnya.