Semarakan HANI 2023, 29 Lembaga Rehabilitasi Narkoba Berkolaborasi Adakan Acara Talk Show dan Pentas Seni

Grahanusantara.co.id, Medan – Sambut Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), Kamis 22 juni 2023, sebanyak 29 lembaga rehabilitasi narkoba di Sumatera Utara berkolaborasi dalam Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkoba mengadakan talk show dan pentas seni Pada Hari Sabtu (24/06/2023) di kampus Fisip USU Jalan Dr. Mansyur, Medan.

Ke 29 lembaga rehabilitasi narkoba yang yaitu, MIB, Nazar, Fokus, YRPM, Aftercare, Pelita Mutiara Kasih, Jopan, LRPPN, Baitu Syifa, Kahapi, Rumah Kita, ATC, Al Jaliliyah Guntur, Medan Plus, Esa Prakarsa, Caritas Cam, Bukit Doa, Amanat Agung, Sibolangit Centre, MAB, Keris Sakti, Arsy Pratama, Yamimas, Rahmani Kasih, Sungai Yordan, Pondok Trenkely, Perkumpulan Peka, Yayasan Kiki Alam Jaya, dan Etika Mulia.

Dalam acara talk show itu turut hadir sebagai narasumber yakni, AKBP. Baktiar Marpaung (Kasubdit 2 Ditres Narkoba Polda Sumatera Utara), Dudi Alexander, SH (Analis Ormas Kesbangpol Sumatera Utara), dr. Suku Ginting (Fungsional Rehabilitasi BNN Provinsi Sumatera Utara), Eka Prahardian Ketua IKAI Sumatera Utara, dan perwakilan penyelenggar Eban Totonta Kaban, SE.

Dengan diadakan kegiatan talk show ini, Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Pencegahaan dan Penyalahgunaan Narkoba Sumatera Utara menyatakan 6 pernyataan sikap yakni, meningkatkan kesadaran tentang dampak negatif stigma dan diskriminasi pengguna narkoba dan keluarganya.

Mempromosikan layanan rehabilitasi yang standarisasi dan berbasis bukti untuk semua pengguna narkoba. Melakukan pendidikan tentang gangguan penyalahgunaan, dan penggunaan narkoba perawatan yang tersedia dan pentingnya intervensi serta dukungan dini. Melakukan alternatif hukuman penjara untuk kejahatan terkait narkoba seperi perawatan dan layanan berbasis masyarakat.

Menyediakan dukungan sumber daya berkelanjutan yang bersumber dari anggaran belanja daerah, dan berdayakan kaum muda dan masyarakat untuk mencegah penyalahgunaan dan ketergantungan narkoba.

Disela acara tersebut, Joni Saragih dari Lembaga Rehabilitasi Bukit Doa Rumahku mengapresiasi serta memberi masukan kepada banyak pihak dalam rangka menyambut HANI.

“Terselenggaranya acara HANI 2023 sangat menarik, dalam hal ini kita menggaungkan lagi tentang bahaya narkoba serta mengingatkan kepada masyarakat, bahwa para mantan pecandu harus kita terima kembali oleh berbagai pihak khususnya masyarakat, selama ini banyak orang berstigma bahwasan para pecandu adalah sampah masyarakat atau orang yang sangat buruk padahal mantan pecandu harus kita rangkul agar tak kembali lagi narkoba,” ungkap Jon saat di wawancara awak media.

“Kita berharap, Pemerintah juga harus membantu dan mendukung dari segi lapangan kerja dengan membuat pelatihan – pelatihan bagi para mantan pecandu agar kedepannya mereka bisa kembali hidup normal seperti biasa dan memiliki masa depan,” terangnya.

Poltak selaku pimpinan yayasan Rumah Rehabilitasi Nazar juga memberikan tanggapanya terkait kegiatan tersebut.

“Kita sangat bangga dengan acara HANI 2023 yang terselenggara bersama sama dengan 29 komunitas Lembaga Rehabilitasi se Semutera Utara, bagi saya ini sangat luar biasa dan sangat positif,” ujarnya

Terakhir, tanggapan dari Miftah Fariz selaku Direktur Rumah Rehabilitasi Narkotika FOKUS, berbangga atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kami sangat bangga, kami mampu berkolaborasi dengan 29 lembaga rehab se Sumatera Utara membuat acara Akbar dalam memeriahkan HANI 2023 di Kampus Fisip USU,” terangnya.

“Kami ucapkan terimasih sebesar besarnya kepada pihak yang mensupport kegiatan ini, khususnya Dekanat Fisipol USU yang telah memberikan ruang dan tempat untuk berlangsungnya kegiatan kami, serta tidak lupa pula ungkapan terimakasih kami kepada Gubernur Sumut, Kapolda Sumut, Kepala BNN Sumut dan teman 29 Lembaga Rehabilitasi Narkotika se Sumatera Utara yang bersama berkolaborasi mensukseskan acara HANI 2023,” pungkasnya.

Untuk memeriahkan acara talk show dan pentas seni di acara HANI 2023, para peserta dari lembaga rehabilitasi narkoba menampilkan kebolehannya,
dari membacakan puisi, mereka juga menyanyi guna menghibur para tamu yang hadir.

Serunya lagi juga di ramaikan dan hadiri oleh komedian, ‘ketua limpol’ yang turut hadir dalam acara talk show yang membuat suasana semakin terhibur. Acara pun berlangsung aman dan tertib.

Komentar