Kaesang Ingin Terjun ke Dunia Politik, Ini Tanggapan Jokowi!

Graha Nusantara, Jakarta – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Panngarep menyampaikan keinginannya untuk terjun ke dunia politik. Jokowi pun seperti telah memberikan restu kepada putra bungsunya tersebut.

Tetapi, Jokowi memberikan keputusan akhir mengenai terjunnya Kaesang ke dunia politik kepada sang anak karena Kaesang telah menikah dan memiliki keluarga.

“Saya memberikan kebebasan kepada seluruh anak-anak saya untuk menentukan pilihan karier bagi hidupnya. Karena mereka sudah berkeluarga termasuk kepada Kaesang,” ucap Presiden Jokowi, Selasa (31/1/2023).

Jokowi menyampaikan tak ingin ikut campur mengenai partai pilihan Kaesang apabila benar-benar terjun ke dunia politik nantinya.

“Biarkan dia yang memutuskan ke mana dia ingin berlabuh karena saya juga enggak yakin dia serius atau enggak ngomong seperti itu (terjun ke politik),” sambungnya.

Jokowi menegaskan dirinya memberikan kebebasan dan tidak pernah memberikan usulan agar anaknya satu partai dengannya di PDI Perjuangan.

“Saya selalu memberikan kebebasan kepada anak-anak saya, termasuk Kaesang, bila memang serius terjun ke politik karena itu akan menyangkut karier dan kehidupan ke depan dia karena mereka sudah berkeluarga,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka yang merupakan anak pertama dari Jokowi dan Wali Kota Surakarta membeberkan jika sang adik memiliki keinginan untuk terjun ke dunia politik. Gibran menyampaikan Kaesang sendirilah yang mengungkapkan hal tersebut ketika di Surakarta di depan sang ayah dan dirinya.

“Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik,” ujar Gibran, Selasa (24/1/2023).

Gibran pun masih belum mengetahui mengenai apakah Kaesang akan maju pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024 mendatang.

“Enggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya enggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu,” sambungnya.

Komentar