Atur Pola Hidup Sehat Anda Mulai Sekarang, Intip Caranya Disini

Hidup yang sehat adalah dambaan setiap orang, baik sehat secara fisik maupun psikis. Hal tersebut dapat tercipta dengan konsep pola hidup yang sehat, pola hidup sehat memiliki manfaat tidak haya untuk menjaga kebugaran tubuh, menghindari penyakit seperti Diabetes, Stroke, Kangker, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki kesehatan tubuh yang bugar tentunya, menjalani aktivitas sehari-hari akan lebih bersemangat dan lebih produktif. Maka dari itu jangan lagi menunda pola hidup sehat, segera buat rencana Anda dalam hidup. Jika Anda masih bingung apa apa yang harus dilakukan untuk membuat pola hidup sehat, dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah ulasan tentang langkah-langkah dalam membuat pola hidup sehat.


1. Perhatikan menu makan

Cobalah buat menu makanan sehat yang terdiri dari sayur dan buah. Makanlah sedikit karbohidrat, garam, lemak tidak sehat, dan hindari junk food. Anda bisa meminum segelas jus dan buah di pagi hari dan porsi sayuran yang berbeda setiap kali makan.

Sayuran hijau dan buah-buahan mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit yang menyebabkan racun. Antioksidan membantu melawan penyakit mata, meningkatkan kesehatan kulit, dan kesehatan secara keseluruhan.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan makan buah-buahan dan sayuran sebagai bagian rutin dari diet Anda supaya tubuh mampu melawan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.   selain itu, hindari melewatkan makan seperti meninggalkan sarapan karena dapat membuat Anda makan berlebih di siang hari. Perhatikan pula ukuran porsi makan untuk menghindari mengonsumsi kalori berlebih. 

2. Perbanyak minum air putih

Anda dapat meningkatkan kesehatan sekaligus menghemat uang dengan banyak minum air putih. Air putih memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti menutrisi, membersihkan racun dari tubuh, meningkatkan fungsi otak, memberi energi pada otot, mengontrol kenaikan berat badan, dan menyeimbangkan suhu dan cairan tubuh.

Semakin sedikit minum akan menurunkan cadangan cairan dalam tubuh dan berisiko mengentalkan darah. Apabila darah mengental, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa. Jantung yang bekerja ekstra dalam jangka panjang akan mengalami gangguan dan masalah lainnya. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk minum sekitar 8 gelas air per hari. 

3. Kelola kesehatan mental

Menerapkan gaya hidup sehat tak cukup hanya dengan makan makanan bergizi. Kesehatan mental juga perlu diperhatikan karena mental merupakan fondasi kesehatan secara keseluruhan. Penting untuk mengelola pikiran dan perasaan setiap hari. Kelilingi diri dengan orang-orang yang dapat memberi semangat dan masukan konstruktif. Biasakan untuk selalu melihat sisi kehidupan yang positif.

Sekalipun berada dalam situasi terburuk, yakin bahwa selalu ada sisi positifnya. Hindari menaruh perasaan negatif terhadap diri sendiri maupun orang lain. Hal itu hanya akan memunculkan ketidakbahagiaan dalam kehidupan sosial Anda. Meningkatkan kesehatan mental dan emosional dapat dilakukan dengan bersosialisasi. Jangan lupa untuk selalu tidur cukup, 7-9 jam setiap malam.

4. Hindari stres

Agar terhindar dari stres dan tuntutan hidup, coba rileks dan istirahatlah. Ada saatnya untuk berhenti, menarik napas dalam-dalam, dan bersantai dengan melakukan sesuatu yang Anda sukai. Cobalah beberapa kegiatan santai seperti meditasi, mendengarkan musik, membaca, tidur, menonton komedi, atau berlibur. Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu Anda bersantai dan mereka menimbulkan perasaan tenang dan bahagia.

5. Rutin berolahraga

Jika Anda merasa memiliki kesehatan mental yang baik, maka harus didukung dengan kondisi fisik yang sehat dan bugar. Penelitian menunjukkan bahwa rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga membantu memperpanjang umur dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Cobalah berolahraga satu minggu tiga kali. The American Heart Association menyarankan 150 menit berolahraga per minggunya. Pilih jadwal yang tepat dan luangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari.