oleh

Mau Diet, Tapi Susah? Yuk Intip Cara Diet Sehat dan Mudah

Memiliki badan yang ideal tentunya jadi idaman setiap orang, kadang kala kegemukan menjadi sebuah persoalan besar dalam hidup yang berdampak pada hilangnya percaya diri seseorang.

Selain masalah penampilan yang terganggu, ternyata memiliki berat badan yang berlebih juga berpengaruh bagi kesehatan. Banyak sekali penyakit yang bisa terjangkit apabila kita berada dalam kondisi tersebut.

Misalnya penyakit jantung, kolesterol, hingga diabetes. Bahkan salah satu studi yang dilakukan Kementrian Kesehatan menunjukkan bahwa obesitas atau berat badan berlebih menyumbang 30 persen kanker. WHO pun menyatakan bahwa berat badan berlebih atau obesitas merupakan penyebab kematian ke-lima dunia dengan persentase hingga 10,3% dari angka kematian di dunia.

Beikut adalah tips mengurangi berat badan yang mudah dan tidak menyusahkan, bahkan bisa kita lakuka sehari-hari tanpa kita sadari bahwa kita sedang diet. 

Mengatur Jam Makan

Makan memanglah kebutuhan biologis seseorang, kegiatan makan adalah salah satu faktor krusial dalam menentukan kesehatan maupun berat badan kalian. Sehingga dalam melakukan diet, orang-orang akan cenderung mengurangi kegiatan makan secara signifikan.

Padahal cara tersebut salah bahkan bisa membawa Anda kedalam kondisi yang berbahaya. Untuk melakukan diet sehat Anda hanya perlu mengatur jadwal kegiatan makan dengan lebih sistematis.

Anda harus tetap melakukan kegiatan makan maksimal 3 kali dalam sehari.

Menakar Porsi Makan

Ini salah satu aspek penting, selain mengatur jadwal makan yang lebih sistematis kalian perlu mengontrol porsi makanannya. Hindari makan dengan porsi yang jumbo. Mungkin bagi Anda yang biasa, hal ini akan terasa sulit, namun dengan tekad yang kuat, Anda bisa merubah kebiasaan tersebut secara perlahan, yang terpenting adalah zat gizi yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi.

Harus Pilih Makanan

Jenis makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Sebisa mungkin Anda harus menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh berlebih, berminyak, terlalu asin, manis yang berlebihan, dan berbagai faktor yang tidak menyehatkan bagi tubuh.

Jika dua cara diet diatas sudah dilakukan dengan baik namun Anda masih tidak bisa selektif dalam memilih makanan, maka usaha tersebut menjadi tidak efektif. Usahakan untuk mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.