Vaksin Pfizer Tiba, Anak ABG Bisa Ikut Suntik

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Kini telah tiba Indonesia, Vaksin Pfizer dengan jumlah 1,5juta dosis yang siap disuntikkan untuk masyarakat Indonesia.

Pada 14 Juli 2021, vaksin ini telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM. Daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) menjadi prioritas pemberian vaksin Pfizer.

Vaksin Pfizer mempunyai sistem logistik yang lebih rumit dari vaksin lain yang telah dipakai di Indonesia. Vaksin itu butuh penanganan dan penyimpanan khusus serta harus segera digunakan. Ia harus disimpan di dalam tempat dengan suhu sangat rendah, antara minus 90 hingga minus 60 derajat celsius.

Apakah vaksin Pfizer aman untuk usia pelajar?

Seperti telah diberitakan oleh detikHealth, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan bahwa vaksin Pfizer aman untuk usia 12 tahun ke atas.

“Kementerian Kesehatan baru saja menginformasikan bahwa vaksin COVID-19 Pfizer bisa untuk usia 12 tahun ke atas,” ujar Widyastuti melalui keterangan pers pada Senin (23/08/2021).

Berdasarkan data uji klinik fase 3, efikasi vaksin Pfizer pada usia 16 tahun ke atas menunjukan keberhasilan sebanyak 95,5 persen. Sedangkan pada usia 12-15 tahun sebesar 100 persen. Sementara Efek samping vaksin Pfizer tidak berbeda jauh dengan vaksin jenis lainnya.