oleh

Fakta Unik Di Balik Hari Valentine

Grahanusantara.co.id – Hari Valentine merupakan yang selalu ditunggu-tunggu oleh kalangan remaja pada umumnya. Banyak dari mereka yang disbukkan dengan mencari kado, coklat, baju, atau bahkan hanya membeli bunga mawarbagi pasangan masing-masing.

Namun tahukah anda, bahwa di balik hari hari yang di anggap sebagai kasih sayang ini, ada beberapa fakta unik tentang hari Valentine, yang sangat jarang di ketahui oleh banyak orang.

Berikut fakta unik tentang hari Valentine.

Asal Usul Valentine

Asal usul Hari Valentine diambil seorang saintis Romawi, yaitu Valentinus yang dihukum mati pada 14 Februari 270 SM. Valentinus di bunuh karena secara diam-diam menikah, sebab pada masa itu Kaisar Romawi melarang pernikahan. Kaisar melarang Pernikahan bagi para lelaki yang menolak wajib militer dan lebih senang tinggal dirumah bersama istri-istri mereka.

Bertukar Uang dan Koin

Di inggris, perayaan Hari Valentine di mulai sejak abad ke-17 atau pertengahan abad ke -18. Perayaan Hari Valentine dirayakan dengan bertukar koin atau surat dengan tulisan tangan.

Memakan Makanan Aneh

Pada Abad pertengahan, perayaan Hari Valentine, juga dirayakan oleh para gadis-gadis dengan memakan makanan yang aneh-aneh, untuk memimpikan siapa suami-suami mereka kelak.

Menemui Jodoh

Ada sebuah tradisi yang berkembang pada abad pertengahan akan datengnya Hari Valentine, yaitu orang yang pertama (yang sama-sama singgle dan berlawanan jenis) yang di temui pertama kali di Hari Valentine secara otomatis menjadi jodoh mereka.

Makna Simbol Hati

Penggunaan simbol di Hari Valentine karena di percayai sebagai jiwa yang murni yang ada di dalam diri setiap manusia. Sedangkan warna merah dipilih sebagai warna yang romantis. Sehingga tak sedikit, orang yang membawa bunga mawar merah di saat hari valentine.(*)