Ribuan Pemudik Berangkat dari Terminal Purboyo di Puncak Arus Balik Ini

Graha Nusantara, Jakarta – Terminal Purboyo mulai memasuki masa puncak arus balik pada hari ini, Minggu (14/4/2024). Ratusan Bus antar kota antar provinsi (AKAP) serta bus antar kota dalam provinsi (AKDP) terlihat keluar masuk terminal yang jumlahnya mencapai ratusan.

“Penumpang arus balik sampai hari ini kemungkinan sudah mencapai 9000. Kami mencatat pada Jumat (12/4) penumpang sudah mencapai 8ribuan,” jelas Korsatpel Terminal Purboyo Madiun, Hendra Ayi Sonica, Minggu (14/4).

Dirinya mengungkapkan bila total penumpang ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya karena tahun lalu terminal Purboyo sedang mengalami pembangunan.

“Tahun sebelumnya jumlah penumpang yang naik dari terminal tercatat tidak sampai setengahnya karena kami masih tahap pembangunan. Saat ini kondisi terminal sudah bagus, banyak penumpang yang naik darisini,” terangnya.

Hendra menyampaikan, pada musim arus balik saat ini pemudik yang memilih naik dari Terminal Purboyo memiliki tujuanarah timur. atau kembali ke Surabaya dan sekitarnya.

“Arus balik cenderung ke timur ke arah Surabaya dan sekitarnya. Pergerakan ini sudah terlihat sejak h+3 khususnya untuk bus AKDP lebih banyak,” terangnya.

Menurutnya, pada musim mudik kali ini kondisi terminal cukup kondusif. Salah satu sebabnya adalah terminal yang telah rampung diperbaiki.

Perbaikan tersebut mencangkup perbaikan kursi di ruang tunggu penumpang, peron, toilet, ruang P3K, ruang laktasi, sampai lokasi bermain anak. Selan itu, ramp check kendaraan juga rutin digelar, dalam rangka memastikan kelaikan kendaraan.

“Meskipun ada peningkatan kondisi terminal masih cukup kondusif,” tandasnya.