Jokowi Kirim Luhut ke Amerika, Ada Apa?

 Grahanusantara.co.id, Jakarta – Presiden Jokowi mengatakan akan mengirim utusan tim tingkat tinggi minggu depan bertemu dengan eksekutif dari produsen mobil listrik AS, Tesla.

Pertemuan ini bertujuan untuk mengukuhkan Indonesia menjadi produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia.

Jokowi mengungkapkan hal itu dalam sebuah wawancara dengan Reuters. Pengiriman tim itu juga akan menjadi bagian dari promosi Indonesia tentang Undang-Undang Cipta Kerja yang menyederhanakan berbisnis di Indonesia.

“Minggu depan kami akan mengirimkan tim besar ke Amerika dan Jepang, untuk mempromosikan Omnibus,” kata Jokowi dilansir dari Reuters, Jumat (13/11/2020).

Perjalanan itu dilakukan setelah Jokowi memberi selamat kepada Presiden terpilih AS Joe Biden atas kemenangannya. Pemimpin Indonesia mengatakan dia berharap pemerintahan Biden akan mempromosikan stabilitas dan perdamaian dunia.

Tim tersebut akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Tim itu akan bertemu dengan eksekutif Tesla, katanya.

“Ini sangat penting karena kita punya rencana besar untuk menjadikan Indonesia penghasil baterai lithium terbesar dan kita punya (cadangan) nikel terbesar,” kata Jokowi.