Jerawat Bernanah? Atasi dengan Cara Ini

Grahanusantara.co.id – Jerawat yang ada di muka sangat menggangu penampilan tentunya, terutama jika jerawat itu bernanah. Apapun caranya pasti Anda ingin coba menghilangkannya.

Jerawat bernanah biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika jerawat semakin membesar dan terasa sakit, berikut beberapa langkah mengatasi jerawat bernanah.

  • Rajin Membersihkan Wajah

Rajin membersihkan wajah bukan hanya mampu mengatasi jerawat bernanah saja, tapi juga mencegah munculnya jerawat. Kamu dianjurkan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari secara rutin, dengan sabun wajah yang cocok untuk kulitmu, serta tidak mengandung alkohol. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat dan gunakan handuk atau kain berbahan lembut untuk mengeringkannya dengan cara menepuknya secara perlahan.

  • Jangan Memencet Jerawat

Jangan memencet jerawat merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat bernanah. Pasalnya, alih-alih menghilang, memencet jerawat justru dapat membuat jerawat masuk ke dalam pori-pori, membuat jerawat semakin meradang, serta menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang. Memencet jerawat akan menambah kuman pada jerawat dan membuat jerawat semakin parah.

  • Pakai Kosmetik dengan Bijak

Untuk menyamarkan jerawat, sebagian wanita menggunakan make up tebal di wajahnya. Namun, beberapa jenis kosmetik justru akan menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Karena hal tersebut, bijaklah dalam memakai kosmetik. Pilihlah produk yang tidak mengandung pewangi, bebas minyak, berlabel noncomedogenic, serta jangan gunakan make up yang sudah lama tidak dipakai karena berpotensi terdapat kuman di dalamnya.

  • Gunakan Sunscreen dan Pelembap

Sebelum bepergian ke luar rumah, jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Sedangkan sunscreen perlu digunakan untuk mencegah agar kulit tidak kering karena paparan sinar matahari. Pastikan untuk memilih produk pelembap dan sunscreen dengan label noncomedogenic. Hindari pemakaian produk yang berbahan minyak, karena akan memicu timbulnya komedo dan jerawat.

  • Menjalani Pola Hidup Sehat

Bukan hanya di rawat dari luar, mengatasi jerawat bernanah juga bisa dilakukan dari dalam dengan menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, perbanyak konsumsi air putih, menghindari asap rokok, dan mengelola stres dengan baik. 

Jangan lupa untuk segera menemui dokter di rumah sakit terdekat saat berbagai langkah tersebut tidak mampu meredakan jerawat yang kamu alami.