Debat Capres Perdana, KPU Ungkap Posisi Capres Ketika Debat Cawapres Hingga Panelis!

Graha Nusantara, Jakarta – Debat pertama pemilihan presiden (Pilpres) 2024 akan berlangsung pada Selasa (12/12). Komisioner KPU August Mellaz menyampaikan masing-masing pasangan Pilpres akan hadir dalam debat, namun memperoleh tempat khusus.

“Kan ada diberikan posisi sendiri,” ujar August, Minggu (10/12/2023).

August menyampaikan ketika sesi khusus debat cawapres maka capres akan berada di tempat khusus. Begitupula sebaliknya ketika debat khusus capres.

“He, eh (di bawah panggung),” ujar August ketika menjawab pertanyaan terkait keberadaan capres ketika debat cawapres. Dirinya menyampaikan pula bahwa debat akan berlangsung selama 120 menit dan sudah melalui pertimbangan yang matang terkait pembagian segmen.

“Kalau durasi debat tetap 120 (menit), 120 menit itu debat kan totalnya 150 (menit) tapi perhitungan debat itu kan dimulai pada saat stasiun TV ngitung nol sampai pukul 19.00 kan. Pukul 19.00 kan dimulai tuh, baru dimulai tuh Indonesia Raya, jingle pemilu segala macam, sampai nanti penutup itu durasi waktunya 120 menit,” ujar August.

“Semuanya sudah terbagi tuh dari 6 segmen, setiap segmen waktunya berapa aja ngapain aja itu sudah kebagi, sudah selesai. Jadi 150 menit itu 30 menitnya iklan, layanan masyarakat, 120 menitnya itu untuk khusus debat,” tambahnya.

Diketahui, KPU membagikan nama panelis debat pertama capres cawapres Pemilu 2024. Terdapat 11 orang yang sudah bersedia menjadi panelis debat.

“Panelis itu kita sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaan dari 11 orang yang akan jadi panelis untuk debat pertama,” ujar Komisioner KPU RI August Mellaz, Sabtu (9/12).

Mellaz menyampaikan 11 nama panelis tersebut sudah disepakati oleh tim pasangan calon. Para panelis tersebut akan mulai dikarantina esok hari.

“Kemudian tanggal 10, mulai besok kami akan karantina sampai tanggal 13 di Jakarta untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan disusun oleh panelis,” terangnya.

Debat pertama ini memiliki tema untuk capres itu yaitu pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. Ini daftar 11 nama panelis debat pertama capres-cawapres:

1. Pakar Ilmu Politik UGM, Mada Sukmajati
2. Pakar Ilmu Politik Undana, Rudi Rohi
3. Ahli Hukum Tata Negara Undip, Lita Tyesta ALW
4. Pakar Hukum Unand, Khairul Fahmi
5. Pakar Hukum Tata Negara UNS, Agus Riewanto
6. Pakar Tata Hukum Negara UNPAD, Susi Dwi Harijanti
7. Guru Besar Universitas Jember, Bayu Dwi Anggono
8. Ketua Komnas HAM 2017-2020, Ahmad Taufan Damanik
9. Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga, Phil Al Makin
10. Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto
11. Dekan Fisipol UGM Wawan Mas’udi