Survei Indikator: Pemilih Jokowi-Ma’ruf Mayoritas Pilih Ganjar Pranowo

Graha Nusantara, Jakarta – Indikator Politik Indonesia mengadakan survei kepada pemilih Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019. Hasilnya, para pemilih Jokowi tersebut mayoritas menjatuhkan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 mendatang.

Peneliti utama Indikator Burhanuddin Muhtadi menyampaikan responden diberikan pertanyaan terkait siapa capres dukungan mereka pada pilpres mendatang.

“Ini kita punya pertanyaan 2019 kemarin milih pasangan siapa, mereka yang memilih Pak Jokowi dan Kyai Ma’ruf di pilpres 2019 mayoritas memilih Ganjar Pranowo,” ucap Burhanuddin dalam keterangan tertulis, Minggu (30/4/2023).

Pada rilisannya tentang survei tren basis capres menurut basis pilpres 2019, Ganjar berhasil meraih posisi pertama dengan mengalahkan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Ganjar berhasil meraih 37% suara, Prabowo Subianto 24,7%, dan Anies Baswedan 13%.

Survei tersebut berlangsung pada 11-17 April 2023 dengan 1220 responden. Metode interview tatap muka oleh pewawancara terlatih menjadi metode yang digunakan.

Sampel dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error sekitar 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Komentar