Pilpres 2023 Semakin Dekat, Sekjen PDIP: Partai akan Mengusung Kader Internal

Graha Nusantara, Jakarta – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memberikan tanggapannya terkait PDIP yang menginginkan calon presidennya berasal dari pihaknya apabila menjadi bagian dari koalisi besar. Dirinya menyampaikan pihaknya akan mendorong kader internalnya untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

“Di dalam demokrasi yang sehat ketika PDI Perjuangan melakukan pelembagaan partai seperti adanya sekolah partai tentu saja kami mendorong kader internal partai,” ujarnya, Sabtu (15/4/2023).

“Dan ini sudah menjadi policy diputuskan di dalam kongres kelima dan dipertegas oleh ibu ketua umum pada saat hari ulangtahun PDI Perjuangan ke-50 bahwa partai akan mengusung kader internal partai,” sambungnya.

Tak hanya itu, Hasto turut memberikan tanggapannya terkait sindiran Partai Golkar terhadap PDIP. Hasto menyampaikan pihaknya menghargai Partai Golkar dan akan menjadi pendengar yang baik.

“Itu kan hak Golkar untuk berpendapat, kami menjadi pendengar yang baik,” ujar Hasto.

Menurut pengalaman sebelumnya, setelah deklarasi Jokowi untuk Pilpres 2014 dan 2019, beberapa partai mendekat kepartainya. Oleh karena itu, setelah PDIP mengumumkan capresnya nanti maka kerja sama politik akan lebih mengerucut.

“Dalam sebuah tahapan-tahapan strategis secara empiris maka nanti setelah ibu ketua umum mengumumkan siapa capres dari PDI Perjuangan, dari pengalaman mengumumkan Pak Jokowi di situ akan terjadi konsolidasi pengerucutan dalam kerja sama tersebut,” ujar Hasto.

Komentar