oleh

Partai Buruh Tuntut 9 Poin dalam Demo Tolak Perppu Ciptaker Hari Ini

Graha Nusantara, Jakarta – Partai Buruh akan melakukan demonstrasi yang lokasinya di depan Istana Kepresidenan Jakarta. Demonstrasi ini bermaksud menolak pengesahan Perppu No 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

“Partai Buruh akan melakukan aksi unjuk rasa puluhan ribu buruh di Istana Merdeka pada tanggal 14 Januari 2022,” ujar Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam keterangan tertulis, Jumat (13/1/2023).

Iqbal menerangkan terdapat 9 tuntutan yang disampaikan buruh pada demonstrasi ini. 9 tuntutan tersebut diantaranya mengenai upah minimum, pesangon, jam kerja, hingga cuti.

“Isu utama yang akan disuarakan dalam aksi tersebut adalah menolak isi Perppu No 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Setidaknya ada 9 poin yang ditolak kalangan buruh, yaitu terkait dengan permasalahan upah minimum, outsourcing, pesangon, karyawan kontrak, cuti, jam kerja, tenaga kerja asing, PHK, hingga sanksi pidana yang dihilangkan,” tuturnya.

Said Iqbal menyampaikan aksi ini juga akan dilakukan secara serentak di kota-kota lainnya sehingga tak hanya di Jakarta saja.

“Selain di Istana, secara serempak aksi juga akan dilakukan di berbagai kota industri,” ujar Said Iqbal.

Pada demonstrasi di Jakarta, massa berencana berkumpul pada pukul 09.30 WIB di IRTI Monas. Setelah itu baru massa berjalan bersama ke arah Patung Arjuna Wijaya, di Jalan Medan Merdeka Barat.

Komentar