Ditanya Soal Masa Depan Bersama Timnas, Begini Respon Shin Tae-yong

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Usai dihajar Thailand 4-0 di leg pertama final Piala AFF 2020, banyak sekali yang menanyakan bagaimana nasib ke depan Shin Tae-yong dalam untuk Timnas Indonesia

Pria kebangsaan Korea Selatan itu meminta supporter Indonesia untuk tak menghawatirkannya soal masa depannya sebagai palatih Timnas, Shin Tae-yong mengatakan bahwa ia menghargai kontraknya yang selesai pada 2023 mendatang

Hal itu dipertegas pelatih yang terkenal disiplin tinggi itu, untuk menjawab keinginan fans sepakbola Indonesia agar posisinya tetap dipertahankan menyusul torehan skuad Garuda di Piala AFF 2020.

Shin Tae-yong yang digadang-gadang dapat membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF, secara mengejutkan kalah telak 0-4 dari Thailand pada leg I final, 29 Desember lalu.

Indonesia masih memiliki kesempatan merebut trofi asal bisa mencetak 5 gol tanpa balas pada leg kedua, Sabtu (1/1/2022). Jika hasilnya tak sesuai ekspektasi, maka peluang mengganti pelatih bisa terjadi, sebagaimana yang dialami pelatih-pelatih Timnas sebelumnya.

Tapi, Shin memastikan hal tersebut tak akan terjadi. Bahkan ia tak akan mengundurkan diri.

“Saya akan menjawab sederhana saja. Saya sudah kontrak dengan federasi sampai 31 Desember 2023 dan fan mungkin tidak tahu,” kata Shin dalam jumpa pers virtual, Jumat (31/12/2021).

“Tetapi tidak perlu khawatir karena saya juga tidak akan mengundurkan diri karena ada denda,” imbuhnya.

Shin Tae-yong menambahkan, ini baru langkah awal dan perjalanan sepakbola Indonesia untuk bisa maju ke depannya masih panjang. Karena itu, fan diminta untuk terus mendukungnya.

“Fans jangan khawatir dan mohon dukungan sepenuhnya, serta terima kasih,” sebutnya.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali juga menjamin posisi Shin Tae-yong tak akan diganti apapun hasil akhir Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Keyakinan itu muncul karena sejak awal tujuan pelatih Shin dikontrak demi kepentingan Piala Dunia U-20.

“Shin Tae-yong ini awalnya direkrut sebagai pelatih Timnas persiapan FIFA World Cup U-20 2021, kemudian karena ada pandemi ditunda ke 2023. Sebab, kita menjadi tuan rumah maka kita tetap butuh pelatih dan Shin Tae-yong akan tetap menjadi pelatih Timnas U-20 2023,” kata Amali baru-baru ini.