Hamas Setujui Gencatan Senjata di Gaza, Warga Palestina Bahagia

Graha Nusantara, Jakarta – Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh menyampaikan pihaknya sudah menyetujui gencatan senjata di Gaza, Palestina. Kabar tersebut membuat warga Palestina menangis bahagia.

Berdasarkan laporan AFP, Selasa (7/5/2024), kabar mengenai Hamas yang menyetujui gencatan senjata di Gaza disambut sorak sorai oleh warga Palestina. Kebahagian tersebut juga terlihat dari para warga yang menembakkan kembang api ke udara di jalan-jalan kota Rafah di Gaza selatan.

“Orang-orang menangis bahagia, melantunkan ‘Allahu Akbar’ (Allah Maha Besar) dan menembak kembang api ke udara untuk merayakan berita tersebut,” ujar koresponden AFP.

Ismail Haniyeh sebelumnya menyampaikan sudah menerima proposal gencatan senjata di Gaza, Palestina dari mediator Mesir dan Qatar. Ismail menyampaikan Hamas sudah menyetujui proposal itu

Dilansir, AFP dan BBC, Ismail pada Senin (6/5) sudah menginformasikan mediator Qatar dan Mesir jika Hamas sudah menerima proposal mereka untuk gencatan senjata di Gaza.

Ismail Haniyeh menelepon Perdana Menteri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani, dan dengan Menteri Intelijen Mesir, Abbas Kamel. Ismail menginformasikan mereka mengenai persetujuan Hamas terkait proposal gencatan senjata.

Informasi lebih lanjut masih belum diumumkan, termasuk untuk jangka waktu serta dampaknya untuk para sandera yang ditahan di Gaza.