Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia Sudah Tiba di Gaza!

Graha Nusantara, Jakarta – Bantuan kemanusiaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ), mitra, dan masyarakat Indonesia kini sudah tiba di wilayah Gaza, Palestina. Bantuan tersebut disalurkan dengan lancar.

Perwakilan Egyptian Red Crescent (ERC) Marwan menyampaikan 600 truk bantuan kemanusiaan dari Indonesia, termasuk Baznas RI, sudah berhasil masuk ke wilayah Gaza melalui gerbang jalur Rafah, Mesir.

“Gudang-gudang bantuan di Mesir saat ini sudah tidak penuh oleh barang karena penyaluran ke Gaza sudah lancar,” ujar Marwan, Minggu (12/11/2023).

Lebih lanjut, Ketua Baznas RI Noor Achmad menyampaikan informasi tersebut Baznas peroleh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo bahwa Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf turut menjadi saksi tibanya bantuan dari Baznas ke Gaza.

“Alhamdulillah, bantuan tahap pertama yang kami kirim ini lancar, dan tidak mendapat hambatan-hambatan. Semoga pengiriman bantuan untuk selanjutnya pun dapat berjalan dengan lancar,” ujar Noor.

Baznas dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI bersama KBRI Kairo serta ERC terus berkoordinasi dalam memastikan juga melakukan pemantuan pengiriman bantuan kemanusiaan tersebut berjalan dengan baik.

Dirinya menyampaikan hal tersebut dilakukan untuk memastikan donasi kemanusiaan masyarakat yang dititipkan ke Baznas RI 100 persen tersalurkan untuk membantu masyarakat Palestina.

“Kami berharap bantuan kemanusiaan yang telah memasuki Gaza ini dapat segera didistribusikan kepada masyarakat Palestina, dan mudah-mudahan dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita di sana,” ujarnya.

Diketahui, Indonesia mengirimkan bantuan kemanusian kepada Palestina yang dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (4/11), dan bantuan tersebut tiba di Mesir pada Senin (6/11).

Bantuan 51,5 ton itu adalah gabungan dari bantuan pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat Indonesia, termasuk didalamnya Baznas.

Tiga lembaga kemanusiaan yang berkerja sama dengan pemerintah dalam mengumpulkan bantuan untuk warga Palestina di Gaza, yaitu Baznas RI, Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia.