Beberapa Cara yang Alami Untuk Tingkatkan Nafsu Makan Pada Anak

Grahanusantara.co.id, Tangerang – Setiap orang tua pasti cemas saat anak tiba-tiba tidak mau makan. Namun, jangan khawatir, karena ada cara yang alami untuk menambah nafsu makan anak. Yuk, simak lebih lanjut ulasannya berikut ini.

Jangan langsung panik ketika anak kehilangan nafsu makan, bisa coba beberapa tips berikut ini:
1. Bikin Menu makanan yang Bervariasi dan Menarik
Bisa jadi, anak hanya bosan dengan variasi menu makanan yang itu-itu saja. Jadi, cobalah buatkan menu yang lebih bervariasi, dan kreasikan tampilannya agar jadi menarik. Misalnya, cetak nasi dengan bentuk kartun favorit anak.

2. Membuat Jadwal yang Teratur
Cobalah sebisa mungkin menetapkan waktu makan yang sama setiap harinya. Hal ini agar anak jadi terbiasa, sekaligus berdampak baik bagi pola makannya saat dewasa.

3. Sedia Stok Cemilan Sehat
Bila anak hanya makan sedikit, ibu bisa mengakalinya dengan memberinya camilan sehat. Misalnya, puding atau es loli buah yang menyegarkan.

4. Jangan Biarkan Minum Terlalu Banyak saat Makan
Kebiasaan minum terlalu banyak di sela-sela makan dapat membuat perut lebih cepat kenyang. Padahal, asupan nutrisinya masih kurang. Jadi, cobalah cegah anak minum banyak saat makan.

5. Ajak Anak Menyiapkan Makanannya
Menyiapkan makanan merupakan aktivitas yang menyenangkan. Oleh karena itu, cobalah ajak anak menyiapkan makanannya sendiri, dan menghiasnya sesuka hati.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan nafsu makan pada anak.