3 Perbedaan Jerawat Batu dan Jerawat Biasa

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Ulasan kali ini akan membahas tentang 3 perbedaan mendasar antara jerawat batu dan jerawat biasa, simak ulasannya disini:

  1. Ukuran

Jerawat biasa ukuranya relatif kecil jika dibandingkan dengan jerawat batu. Pada jerawat batu, ukuran jerawat lebih besar, berwarna merah, dan terasa nyeri akibat kulit meradang. Pada jerawat biasa, mungkin tampak memerah juga. tetapi umumnya tidak menimbulkan rasa nyeri

  1. Penyebab

Penyebab jerawat batu dan jerawat biasa sebenarnya sama. Keduanya bisa disebabkan oleh bakteri, minyak, dan sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori. Namun, kondisi jerawat batu lebih parah daripada jerawat biasa. Umumnya, jerawat batu dialami oleh seseorang yang punya tipe kulit berminyak. Jerawat batu juga rentan dialami oleh remaja, wanita, serta individu paruh baya yang memiliki ketidakseimbangan hormon di tubuhnya.

  1. Penyembuhan

Masa penyembuhan jerawat biasa tergolong cepat, mungkin hanya beberapa hari sampai satu minggu saja. Penanganannya pun tidak begitu sulit dan biasanya mudah diobati menggunakan obat jerawat yang dijual bebas di pasaran. 

Jerawat batu muncul dari lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga penyembuhannya  membutuhkan waktu yang lebih lama mungkin sampai beberapa minggu. Karena terbentuk di lapisan kulit yang lebih dalam, terkadang pengobatan dengan krim atau produk-produk yang dijual di pasaran tidak begitu efektif untuk jerawat batu.