Curah Hujan Tinggi jalur Medan-Berastagi Longsor

Grahanusantara.co.id, Berastagi – Curah hujan tinggi yang melanda Kabupaten Karo tepatnya di jalur Medan-Berastagi, Jalan Jamin Ginting km 59-60 Desa Doulu menyebabkan longsor. Longsor yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB menyebabkan seluruh badan jalan tertutup material longsor hingga menyebabkan kemacetan total dari dua arus. 

Petugas yang mendapatkan informasi longsor kemudian turun ke lokasi untuk mengevakuasi material longsor. Satu unit alat berat dikerahkan Satlantas Polres Tanah Karo untuk menggeser material longsor yang menutupi ruas Jalan Jamin Ginting km 59-60. 

“Saat ini Polres dan instansi dinas terkait beserta masyarakat sedang membersihkan jalan dengan menggunakan alat berat,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan. 

MP Nainggolan mengatakan sebagian material longsor sudah dievakuasi petugas dari ruas Jalan Jamin Ginting. Namun demikian, arus lalu lintas belum dapat berjalan lancar karena masih ada material menutup sebagian badan jalan.

“Saat ini kami mengurai kemacetan dengan memberlakukan buka tutup jalan,” ujarnya. 

Dia mengimbau warga yang melintas di Jalur Medan Berastagi untuk waspada dan berhati-hati. Dia mengatakan sejumlah titik di jalur Medan-Berastagi rawan dilanda longsor. 

“Kami mengimbaua kepada pengguna jalan agar tetap waspada dan berhati-hati dan fokus saat berkendara,” ujarnya.