Throwback Apasih Artinya?

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Throwback adalah sebuah kata yang diserap dadi bahasa Inggris, memiliki arti ‘kembali pada apa yang sudah terjadi atau melihat kembali ke masa lalu.’

Kata Throwback pada mulanya mulai populer digunakan di sosial media yaitu pada saat seseorang mengunggah sebuah foto yang sudah lama diambil yang menggambarkan tentang peristiwa atau kenangan yang dulu terjadi.

Misalnya seseorang mengunggah foto lama ketika dia masih duduk di bangku Universitas. Kemudian dia menceritakan bagaimana bahagianya dia bermain dan belajar bersama teman-temannya saat itu. Jadi tujuan dari Throwback ini tidak lain adalah sebagai nostalgia.

Namun, terkadang Throwback itu memiliki rentan waktu yang tidak begitu lama, misalnya 6 bulan sampai 1 tahun. Seperti mengunggah foto liburan 1 tahun yang lalu, dan sebagainya.

Dilansir dari berbagai situs internet mengemukakan, bahwa Sports Illustrated (SI) mengaitkan asal usul istilah Throwback ini dengan blog khusus sepatu bernama Nice Kicks. Blog ini mulai rutin menggugah foto-foto sepatu basket tua pada tahun 2006 setiap hari Kamis dengan judul seri “Thowback Thursday’. Sejak saat itulah istilah itu banyak digunakan di Instagram hingga lebih dari 500 juta kali.