Depresi Pasca Bercerai? Ini Kiat-kiat Atasinya

Grahanusantara.co.id – Bercerai merupakan sebuah keputusan yang mungkin tidak diinginkan setiap orang dan lebih buruknya berdampak pada mental seseorang akibat dari perceraian.

Ulasan kali ini akan membahas tentang, beberapa kiat untuk menempuh jalan menuju pemulihan pasca bercerita:

Olahraga Rutin

Meski terasa lelah dan malas beraktivitas apapun, luangkan waktu setiap harinya untuk berolahraga, sekitar 20-40 menit. Lakukan olahraga yang ringan saja, seperti berjalan santai di ruang terbuka hijau sambil latihan pernapasan. Hal ini dapat membantu meringankan gejala depresi.

Makan yang Sehat

Jangan turuti keinginan untuk mengonsumsi alkohol atau makanan lain yang tidak baik bagi tubuh, ketika merasa depresi setelah perceraian. Hal ini akan membuat tubuh semakin tidak berenergi. Gantilah pola makan sehari-hari dengan yang sehat dan penuh gizi.

Menulis Buku Harian

Ketika mengalami depresi, tentu ada banyak kesedihan, kekecewaan, dan rasa frustasi yang berputar-putar di kepala. Alih-alih hanya membiarkannya menguasai dirimu, cobalah untuk menuliskannya dalam buku harian. Tuliskan semua yang kamu pikirkan dan rasakan setiap harinya. Sama halnya seperti curhat dengan teman baik kamu, menulis buku harian juga dapat membuatmu merasa lebih lega. 

Manjakan Diri Sendiri

Cobalah manjakan diri dengan hal-hal yang disukai. Jika sudah memiliki anak, titipkan sebentar pada orangtua atau keluarga, lalu pergilah ke salon, bioskop, atau sekadar me time di rumah tanpa ada gangguan apapun. Lakukan semua hal dan hobi yang bisa membuat kamu merasa senang.

Terima Bantuan

Jangan pernah menutup diri dari orang lain, terutama uluran tangan yang ditujukan padamu. Jika ada keluarga, saudara, atau teman, yang menawarkan bantuan untuk sekadar menjaga anak-anak, menyiapkan makanan, atau membantu pekerjaan rumah tangga, jangan menolaknya. Terima bantuan tulus itu dan katakan terima kasih.

Tidur

Depresi dapat meningkatkan risiko insomnia. Meski pada gilirannya, insomnia juga bisa meningkatkan risiko depresi. Namun, ketika mengalami depresi, banyak beristirahat dan tidur bisa jadi cara untuk menenangkan diri dan memulihkan energi. Jika kamu mengalami kesulitan tidur, cobalah mandi air hangat sebelum tidur atau minum teh chamomile. Lalu, hindari juga penggunaan gawai di jam-jam menjelang tidur, karena dapat membuatmu terus terjaga.