oleh

Kiat-kiat Jitu Sebelum Kredit Motor, Pelajari Ini!

Grahanusantara.co.id – Kredit motor menjadi hal yang lumrah dikalangan masyarakat menengah kebawah, alat transportasi seakan sudah menjadi kebutuhan.

Dalam ulasan kali ini akan membahas tentang kiat-kiat jitu sebelum menentukan kredit motor!

1. Cari Leasing yang Mempuni

Reputasi perusahaan leasing sangat penting untuk diperhatikan sebelum kita melakukan kredit motor. Karena hal ini berguna untuk memastikan bahwa perusahaan ini akan terus eksis sampai kita selesai membayar kredit dan ketika akan mengambil BPKB. Kadang, ada juga perusahaan leasing yang mempersulit proses pengambilan BPKB. Maka dari itu, memilih perusahaan dengan reputasi baik menjadi sangat penting. Setidaknya jika perusahaan itu memiliki reputasi yang baik, kemungkinan mereka akan mempersulit Anda akan lebih kecil. Carilah perusahaan leasing yang sudah ternama dan tersebar luas di banyak cabang.

2. Cara Pembayaran Harus Sesuai Kemampuan

Dalam kredit, ada beberapa cara pembayaran yang ditawarkan, misal bayar DP (Down Payment) besar dan angsuran lebih kecil atau bayar DP kecil dan angsuran lebih besar. Kedua cara itu memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Oleh karena itu, kenali kondisi keuangan Anda terlebih dahulu sebelum menentukan cara pembayaran.

Akan lebih baik lagi jika Anda membandingkan jenis motor, biaya kredit, bunga, dan jangka waktu pelunasan yang ditentukan dealer sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya. Carilah dealer yang memberikan kemudahan dan fleksibel dalam cara pembayaran, yang bisa dilakukan melalui banyak cara seperti ATM, jasa pos, atau bank lain sehingga Anda pun akan lebih fleksibel dan mudah dalam membayar. Ingat juga untuk menentukan tanggal pembayaran yang memudahkan Anda agar pengaturan keuangan Anda tetap terjaga.

3. Perhatikan Biaya Denda

Tentu saja, hal ini tidak Anda lakukan karena Anda akan menunggak pembayaran. Tetapi untuk mengantisipasi jika suatu saat benar-benar terpaksa harus menunggak. Setiap perusahaan leasing memiliki biaya denda yang berbeda. Oleh karena itu, perhatikan biaya denda yang diterapkan pada perusahaan leasing yang Anda minati. lalu sesuaikan dengan kemampuan Anda membayar. Jika dirasa terlalu besar, maka akan sangat riskan ketika suatu saat terpaksa menunggak.

4. Jangan Terlalu Cepat Memutuskan

Berpikir panjanglah terlebih dahulu sebelum Anda menjatuhkan pilihan. Jangan sampai Anda terpengaruh oleh marketing, karena belum tentu yang Anda inginkan adalah yang mereka tawarkan. Cari tahu lebih dalam tentang spesifikasi, model, dan hal-hal yang menjadi kebutuhan Anda. Dengan berpikir panjang, Anda akan menghindari perasaan menyesal nantinya.

5. Tanyakan Asuransi yang Anda Didapatkan Selama Kredit

Ini adalah hal yang juga penting untuk Anda ketahui, karena kemungkinan terjadinya musibah itu selalu ada. Karena itu, asuransi sangat diperlukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecurian atau perampokan. Tanyakan cara klaim dan tempat pengajuan klaim sehingga jika suatu saat hal itu terjadi, Anda dapat memiliki kepastian.