Dilaporkan Soal Lahan Prabowo, Anies: Serahkan Ke Bawaslu

Graha Nusantara, Jakarta – Anies Baswedan yang merupakan calon presiden nomor urut 1 menyerahkan seluruhnya kepada Bawaslu mengenai laporan selepas menyinggung kepemilikan lahan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto ketika debat Pilpres 2024. Anies menyampaikan data yang disampaikan mengenai lahan Prabowo berdasarkan data yang Presiden Jokowi ungkapkan.

“Itu semua dibahas di debat. Seharusnya apa yang dibahas di debat direspons juga di debat,” ujar Anies, Kamis (11/1/2024).

Anies menyerahkan seluruh permasalahan tersebut kepada Bawaslu sebab hanya lembaga ini yang berhak menilai apakah laporan itu layak diteruskan atau tidak. Anies menyampaikan setiap warga negara bisa melaporkan siapa saja sebab hal tersebut adalah hak setiap warga negara.

“Sebagai warga negara tentu berhak melaporkan, tetapi Bawaslu juga berhak untuk menentukan mana yang patut untuk ditindaklanjuti dan mana yang sama sekali tidak perlu ditindaklanjuti. Kami serahkan kepada Bawaslu,” ujarnya.

Anies mengaku data yang diungkapkan saat debat bersumber dari Presiden Jokowi ketika debat capres pada Pilpres 2019. Oleh karena itu, saat data yang disampaikan salah maka Anies merasa sumber utamanya turut dipermasalahkan bukan hanya dirinya.

“Saya memang menggunakan data yang disampaikan oleh Pak Presiden Jokowi. Data itu ada rujukannya, jadi kalau memang dianggap bermasalah, ya, kita lihat rujukannya gimana,” ujarnya.

Diketahui, Anies dilaporkan kepada Bawaslu selepas menyinggung kepemilikan lahan Prabowo Subianto pada debat ketiga pilpres. Bawaslu akan berkoordinasi dengan KPU RI untuk menindaklanjutinya.

“Masih dalam proses, baru diterima,” ujar Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Rabu (10/1).