Miliki Visi Misi yang Sama, 60 Kiai di Mataraman Jatim Dukung Prabowo

Graha Nusantara, Jakarta – Pengasuh pondok pesantren di wilayah Mataraman Jawa Timur, mulai dari Jombang sampai Pacitan yang berjumlah 60 mengikuti pertemuan tertutup bersama Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto. 60 kiai tersebut mengungkapkan dukungannya kepada Prabowo Subianto.

Pertemuan tersebut berlangsung di Ndalem Kasepuhan Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang. Prabowo dan rombongannya mengawali kunjungan dengan berziarah ke makam Presiden Ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

60 kiai dari wilayah Mataraman tersebut di antaranya Pengasuh PP Bahrul Ulum Tambakberas KH Hasib Wahab atau Gus Hasib, Pengasuh PP Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin, dan Pengurus PP Darul Ulum Zahrul Azhar atau Gus Hans.

Selain itu, terdapat Pengasuh PP Al Azhaar Tulungagung KH Imam Mawardi Ridlwan, Pengasuh Ponpes Al Ghozali Kediri Gus Jalal, Pimpinan PP Langitan Tuban KH Ubaidillah Faqih atau Gus Ubed, serta Pengasuh PP Zainul Hasan Genggong, Probolinggo sekaligus Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim KH Hasan Mutawakkil ‘Alallah.

Para kiai tersebut menyatakan all out dalam mendukunh Prabowo di Pilpres 2024. Mereka mengaku mempunyai visi-misi yang sama dengan Prabowo. Salah satunya yaitu melanjutkan hilirisasi industri yang telah Joko Widodo mulai.

Menurut informasi yang dikumpulkan, Pengasuh Ponpes Al Amien, Kota Kediri KH Muhammad Anwar Iskandar menjadi komandan dari para kiai Mataraman yang mendukung Prabowo. Sebab Kiai Anwar sedang sakit, sehingga Pengasuh PP Zainul Hasan Genggong, KH Mutawakkil Alallah menjadi penggantinya.

“Saya lihat para kiai hatinya cocok dengan Pak Prabowo, karena mempunyai visi misi yang sama untuk kemajuan Indonesia. Supaya yang menjadi cita-cita para pendiri bangsa ini menjadi bangsa yang adil, makmur, sejahtera, baldatun thoyibatun bisa tercapai,” ujar Kiai Mutawakkil, Sabtu (11/11/2023).