Bukan Jokowi’s Men Jadi Syarat Utama Cawapres Anies Baswedan!

Graha Nusantara, Jakarta – Ketum NasDem Surya Paloh menilik siapa yang akan mendampingi Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto dalam menentukan pendamping untuk Anies Baswedan di Pilpres 2023. Berbeda dengan NasDem, Demokrat menyampaikan memberikan keputusan tersebut secara penuh kepada Anies Baswedan.

“Mencermati hasil survei tiga bacapres yang kompetitif, posisi cawapres menjadi penting. Terkait Cawapres Mas Anies Baswedan selaku capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sebagaimana tercantum pada Piagam Kerjasama Tiga Partai, diserahkan sepenuhnya kepada Mas Anies untuk menentukan,” ujar Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani, Kamis (11/5/2023).

Kamhar membeberkan KPP mempunyai lima kriteria untuk duduk bersama Anies di Pilpres nanti. Menurutnya seluruh kriteria tersebut telah disepakati Anies dan partai-partai lainnya.

“Tentu dalam penentuannya merujuk pada lima kriteria yang telah disepakati dan tercantum juga pada piagam kerjasama tersebut. Lima kriteria tersebut merupakan hasil elaborasi dan telah melalui proses panjang yang dibahas secara bersama-sama oleh Mas Anies dan perwakilan tiga partai untuk kemudian sampai pada konklusi lima rukun yang mesti dipenuhi sebagai calon pendamping. lima rukun ini yang mesti dipedomani untuk menjawab kebutuhan politik pemenangan serta mewujudkan agenda perubahan dan perbaikan kedepan,” ujarnya.

Kamhar dengan tegas menyampaikan cawapres menjadi hal yang penting karena turut berperan dalam memberikan kemenangan. Dirinya turut menegaskan jika pendamping Anies nantinya tidaklah berasal dari kubu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi figur yang pas menjadi pendamping Mas Anies adalah figur yang bisa berkontribusi secara elektoral untuk memberikan peluang terbesar kemenangan dan sekaligus menjadi representasi aspirasi perubahan dan perbaikan. Figur yang sama dengan Mas Anies sebagai pemimpin perubahan. Bicara ‘perubahan’, salah satu kriteria utamanya bukan Jokowi’s Men,” ucapnya.

Diketahui, Partai NasDem hingga kini masih belum mengungkapkan sosok pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang. Ketum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan pihaknya masih terus mencari nama terbaik yang dapat mendampingi Anies nantinya.

“Akan ada. Kita mencari yang terbaik dari yang baik. Itu jawabannya, apa penyebabnya? Kita masih punya banyak alternatif pilihan untuk mulai memikirkan dan melihat pencapresan, duet capres-cawapres katakanlah di luar daripada NasDem, partai pengusung lainnya,” ujar Paloh, Kamis (11/5).

Paloh menyampaikan pihaknya tengah melihat sosok pendamping dari lawan-lawan Anies terlebih dahulu. Hal tersebut menjadi kesempatan yang dapat Anies manfaatkan.

“Kan ada kesempatan bagi NasDem untuk melihat-lihat dulu, ‘Oh ini Pak Ganjar siapa wakilnya, oh ini Pak Prabowo siapa wakilnya’, dia (Anies) bisa lihat itu kan ada kesempatan, kenapa dia tidak manfaatkan,” ujarnya.

Komentar