4 Parpol Ini Jadi Pendukung Ganjar di Pilpres 2024!

Graha Nusantara, Jakarta – Dukungan kepadda Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 kini bertambah. Kini terdappat 4 partai politik (Parpol) yang memberikan dukungannya kepada Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Tak hanya PDIP, terdapat tiga partai lain yang menduku Ganjar sebagai Capres 2024. Ketiga partai tersebut adalah PSI, Hanura, dan PPP. PSI menjadi partai pertama yang memberikan dukungan kepada Ganjar. PDIP selanjutnya mendeklarasikan Ganjar sebagai Capres dan kemudian Hanura hingga PPP turut memberikan dukungannya.

Berikut keempat parpol yang memberikan dukungan kepada Ganjar sebagai Capres di Pilpres 2024:

PSI
PSI menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo pada Oktober 2022. Keputusan tersebut PSI ambil setelah melakukan polling Rembuk Rakyat yang dilakukan mulai akhir Februari 2022.

“Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024,” ujar Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Senin (3/10/2022).

Grace menyampaikan dibandingkan calon lainnya, Ganjar Pranowo lebih unggul. Menurutnya, Ganjar mempunyai sikap kebangsaan yang PSI perjuangkan.

“Sejak awal Mas Ganjar unggul dibandingkan kandidat lainnya. Bagi PSI Ganjar adalah calon terbaik karena memiliki kebangsaan dan kebinekaan yang sama dengan apa yang selama ini diperjuangkan PSI,” ucapnya.

PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Ganjar sebagai capres pada Jumat, 21 April 2023. Tak hanya sendiri, Presiden Indonesia Joko Widodo turut mendampingi Megawati pada saat pendeklarasian tersebut.

“Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” ujar Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4).

Selain Jokowi, terdapat juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, hingga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Setelah resmi dijadikan capres PDIP, Ganjar menyampaikan pengusungan ini sebagai sebuah kehormatan yang dirinya terima.

“Tentu ini adalah suatu keputusan yang diambil ketua umum melalui proses yang sangat panjang. Sebuah kehormatan buat saya mendapatkan tugas ini sebagai kader partai, di sampaing tentu tugas ini tidak mudah,” ujar Ganjar di Istana Batutulis.

Hanura
Tak mau ketinggalan, sehari selang deklarasi PDIP, Partai Hanura menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.

“Itu sebabnya tadi malam begitu setelah Ibu Mega mengumumkan di depan Presiden RI saya yakin itulah pilihan Pak Jokowi yang saya tunggu-tunggu dan saya ikut serta mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia yang akan datang,” ujar Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Sabtu (22/4).

OSO menyampaikan semua DPD Hanura telah menyepakati untuk memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo. Dirinya menilai negara ini butuh sosok pemimpin yang berpihak pada rakyat dan daerah.

“Saya, partai saya, Partai Hanura Republik Indonesia dengan seluruh perangkatnya, dengan Zoom tadi malam pada jam lima sore kita memutuskan bersama seluruh cabang-cabang yang ada di Indonesia ini. DPD-DPD di seluruh Indonesia menyatakan sepakat untuk mendukung Ganjar Pranowo,” ucap OSO.

“Jakarta bukan satu-satunya cermin, Indonesia begitu luas sekarang menjadi 38 provinsi, dan bakal akan berkembang lagi itu sebabnya kita memerlukan sosok figur yang betul-betul berpihak kepada daerah yang berpihak kepada rakyat, dari daerah untuk Indonesia,” sambungnya.

PPP
PPP menjadi partai yang baru-baru ini memberikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo. Pengumuman tersebut langsung diumumkan sendiri oleh Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono di Pakem, Sleman, Rabu (26/4/2023).

“Setelah melalui musyawarah dan diskusi mendalam, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI pada Pemilu Presiden tahun 2024,” ujar Mardiono di lokasi pengumuman Ganjar Pranowo capres seperti dalam tayangan Youtube PPP.

Diketahui, PPP melangsungkan serangkaian rapat koordinasi pimpinan nasional dan berakhir pada Selasa (25/4). Rakorpim tersebut dilangsungkan untuk menentukan capres yang akan PPP dukung.

“Memang dari tahapan itu sudah diambil keputusan tapi nanti pengumuman secara resmi saya akan komunikasikan dulu dengan para pihak terkait di dalam perpolitikan ini,” ujar Mardiono, Selasa (25/4/2023).

“Karena itu saya belum menyampaikan figur siapa yang diputuskan oleh rangkaian konstitusi PPP, tapi insyaallah besok akan kita umumkan kepada publik,” tambahnya.

Komentar