Jika Syarat Ini Dipenuhi PDIP Bersedia Gabung Koalisi Besar

Graha Nusantara, Jakarta – PDI Perjuangan (PDIP) merespon rencana pembentukan Koalisi Besar. PDIP terbuka terhadap Koalisi Besar tersebut. Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko menyampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pun telah mengamini kesempatan tersebut.

Budi menyampaikan terdapat syarat yang harus dipenuhi apabila PDIP menjadi bagian dari Koalisi Besar. Syarat tersebut adalah capres yang nantinya diusung merupakan berasal dari PDIP.

“Tentu saja PDIP sebagaimana dikatakan Ibu Ketum, tentu targetnya PDIP RI 1, kan gitu ya. Wajar kan. Artinya itu sudah ditegaskan Bu Ketum Megawati bahwa PDIP bersedia untuk masuk koalisi besar, tentu saja yang perlu ditegaskan target PDIP adalah RI 1. RI 2-nya terbuka bagi yang lain,” ujar Budiman, Selasa (4/4/2023).

Budiman menerangkan penyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani terkait rencana tersebut telah sesuai dengan logika politik PDIP. Menurutnya, untuk memenangkan pertandingan PDIP tetap membutuhkan koalisi, meskipun PDIP telah memunuhi syarat untuk maju sendiri.

“Jadi penyataan Mbak Puan saya pikir memang sesuai dengan logic politik kita, membangun koalisi besar, ya PDIP meskipun secara konstitusional bisa menjalankan sendiri, tapi lebih banyak lebih baik. Jadi gitu, kita kalau PDIP untuk mencalonkan sendiri itu memang bisa, menurut undang-undang, ya kan,” ujarnya.

“Tapi untuk memenangkan pertarungan kan logikanya main, memenangkan pertarungan kan butuh kekuatan yang besar. Ini saya pikir PDIP bukan partai yang menutup diri. Saya kira mbak puan itu sudah sangat tepat sekali,” sambungnya.

Komentar