oleh

Inilah Daftar Pejabat yang Dicopot Sejak PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Memimpin

Graha Nusantara, Jakarta – Heru Budi Hartano yang saat ini menjabat sebagai Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta merombak jajaran birokrasi di DKI Jakarta. Banyak pejabat yang akhirnya di copot dari jabataannya seperti Dirut MRT Jakarta, Komisaris PT LRT Jakarta, hingga terbaru Dirut PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

“Ya, biasa, ini penyegaran aja,” ujar Heru Budi Hartono, Selasa, 29 November 2022.

Menurut pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin, kebijakan Heru ini sangat ugal-ugalan. Maksudnya pencopotan tersebut tak melihat kesahalan atau evaluasi terlebih dahulu dan kebijakan ini diberlakukan tak lama setelah dirinya dilantik.

“Kenapa ugal-ugalan? Dirut MRT Jakarta, misalkan, tanpa dievaluasi terlebih dahulu, tanpa dilihat kesalahannya dulu, belum lama Heru dilantik, lalu dicopot,” ujar Ujang, 6 November 2022.

Berikut daftar nama pejabat yang dicopot oleh Heru Budi Hartono:

1. Jajaran PT Jakpro

Pt Jakpro tak luput dari perombakan. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) atau RUPS sirkuler menetapkan sejumlah pejabat dicopot dan diganti.

“Hal ini sudah sesuai dengan Pasal 91 UU 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas,” ujar Pelaksana tugas (Plt) BP BUMD DKI Jakarta Fitria Rahadiani, Senin, 28 November 2022.

Pejabat PT Jakpro yang dicopot berdasarkan RUPS sirkuler adalah:

• Widi Amanasto selaku Direktur Utama Perseroan

• Gunung Kartiko selaku Direktur Bisnis Perseroan

• Leonardus W. Wasono Mihardjo selaku Direktur Keuangan dan TI

• Muhammad Taufiqurrachman selaku Direktur Dukungan Bisnis

• Iwan Takwin selaku Direktur Teknik dan Pengembangan Bisnis, (Iwan kemudian diangkat menggantikan Widi).

2. Komisaris PT LRT Jakarta

Pada 14 November 2022, Komisaris PT LRT Jakarta Tatak Ujiyati dicopot dari jabatannya. Keputusan Para Pemegang Saham alias KPPS-lah yang menyebabkan pemberhantian tersebut. Mengenai alasan pencopotan dirinya, Tatak tak menjelaskan alasannya hanya membenarkan pencopotan tersebut. “Betul,” ujar Tatak, Selasa (15/11/22).

3. Direktur Utama MRT Jakarta

Pada 26 Oktober lalu atau 9 hari setelah Heru dilantik, Direktur Utama MRT Jakarta Mohamad Aprindy dicopot dari jabatannya dengan alasan perkuatan proses koordinasi. Pada saat pencopotan, Aprindy baru menjabat selama tiga bulan.

“Koordinasi antara Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Perhubungan, Bappenas, dan juga Kementerian Keuangan, serta para stakeholders PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam upaya pemenuhan pendanaan tersebut,” ujar Fitria Rahadiani pada keterangan tertulis, Rabu (26/11/22).

4. Sekda Dicopot Menjadi Deputi Gubernur

Marullah Matali kini menjadi Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata. Heru Budi Hartono melantik dirinya pada Jumat, (2/11) di Balai Agung, Balai Kota, Jakarat Pusat. Marullah sebelumnya merupakan Sekretaris Daerah Jakarta.

“Betul Pak Marullah ke Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata,” ujar sumber tersebut, Jumat (2/12/22). 

Komentar