Kasus Gagal Ginjal Akut di Sumbar Bertambah Jadi 22 Orang

Graha Nusantara, Sumatera Barat – Kasus gagal ginjal misterius akut pada anak di wilayah sumatera Barat (Sumbar) jumlahnya terus meningkat hingga kini berjumlah 22 orang. Terdapat 12 orang anak yang harus meninggal dunia akibat gagal ginjal.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, dr Lila Yanwar menjelaskan pada Rabu (19/10/2022) malam adanya peningkatan kasus gagal ginjal pada akut yang masuk ke RSUP Dokter Muhammad Djamil, Padang.

“Tadi malam, ada satu anak lagi yang masuk ke M Djamil, sehingga total ada 22 kasus yang sudah ditemukan. Dari jumlah itu, tercatat 12 orang meninggal dunia,” ujar Lila dalam keterangan pers di Kantor Dinas Kesehatan Sumbar.

Anak-anak yang mengidap gagal ginjal akut ini tak hanya berasal dari wilayah yang sama tetapi mereka berasal dari wilayah-wilayah yang berbeda diantaranya Padang, Payakumbuh, Bukittinggi, dan Kepulauan Mentawai.

“Sebarannya, 20 dirawat di Rumah Sakit M Djamil. Sepuluh orang meninggal di sini. Lalu ada satu pasien di RSUD Rasyidin dan satu pasien lain di RSUD Mentawai. Keduanya juga meninggal, sebelum sempat dibawa ke Padang,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan jika kasus ini mulai terdeteksi sejak bulan Juli dan terus mengalami peningkatan pada bylan Agustus dan September hingga kini bulan Oktober.

Komentar