Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditunda

Graha Nusantara – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, sepakat menangguhkan gelaran itu sampai 2021 karena virus corona, Selasa (24/3/2020) malam hari WIB.

Panitia penyelenggara Olimpiade tersebut  masih mengatakan acara itu akan digelar sesuai yang telah dijadwalkan, akhir Juli 2020. Tetapi, keputusan tersebut berubah oleh panitia penyelenggara.

“Kami meminta Presiden Bach untuk menyetujui penundaan selama satu tahun agar para atlet bisa berkompetisi dalam kondisi terbaik dan membuat acara ini aman bagi para penonton,” ucap Abe, seperti yang di lansir dari Reuters.

“Presiden Bach mengatakan bahwa dirinya setuju 100 persen,” tambah Abe.

Sebelumnya, telah dikabarkan, bahwa  Kanada sudah  memutuskan untuk tidak mengirim atletnya  ke Olimpiade Tokyo 2020 karena wabah virus corona. Ada juga desakan-desakan  desakan agar IOC untuk segera menunda Olimpiade Tokyo 2020 tersebut.

Dari awal kemunculannya, pagelaran olah raga ini pernah dibatalkan diantaranya pada 1916, 1940, dan 1944 akibat perang dunia.

Selain itu, Gubernur Tokyo, Yuriko Koike juga mengatakan kepada Reuters bahwa Olimpiade Tokyo 2020  digelar pada 2021 nama acara itu tidak akan berubah. (*)