Asam Lambung Naik? Ini Makanan dan Minuman yang Dapat Menurunkannya

Graha Nusantara, Jakarta – Penyakit asam lambung salah satu penyakit yang sangat mengganggu bagi penderitanya. Ketika asam lambung naik maka rasa tidak nyaman pun dirasakan penderitanya.

Dilansir dari Alodokter, Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal dua kali dalam seminggu.

Asam lambung memiliki gejala seperti rasa asam di belakang mulut dan heartburn, bau mulut, Sensasi mengganjal di kerongkongan, terutama saat menelan, mudah kenyang, sering bersendawa dan suara menjadi serak, sakit tenggorokan yang tidak kunjung hilang dan sakit saat menelan, mual dan muntah, dan batuk kronis tanpa dahak, terutama di malam hari.

Terdapat makanan dan minuman yang dapat menurunkan asam lambung ketika asam lambung sedang naik.

Berikut 7 makanan dan minuman yang dapat menurunkan asam lambung:

OATMEAL

Makanan berserat terbukti dapat menurunkan asam lambung. Oatmeal sebagai salah satu makanan yang memiliki serat dapat digunakan untuk menurunkan asam lambung ketika asam lambung sedang naik.

PISANG

Kadar asam yang rendah, kaya akan antioksidan, dan nutrisi merupakan kandungan yang terdapat dalam buah pisang. Pisang pun sudah terbukti dapat menurunkan asam lambung. Jadi, pisang dapat menjadi pilihan ketika asam lambung Anda sedang naik.

SEMANGKA

Memiliki kadar air yang tinggi, semangka dapat mengencerkan dan menurunkan asam lambung yang sedang tinggi.

PERMEN KARET

Mungkin terdengar aneh dan baru bagi sebagian orang, namun permen karet dapat mengurangi kadar asam lambung. Aktivitas mengunyah pada saat mengkonsumsi permen karet dapat meningkatkan produksi air liur yang bermanfaat membasahi esofagus dan menurunkan asam lambung.

SUSU

Susu dapat menurunkan asam lambung, tetapi tidak semua susu dapat menurunkan asam lambung. Jika asam lambung sedang naik maka susu rendah lemak dapat menjadi pilihan.

JAHE

Selain dapat menenangkan inflamasi pada tubuh, jahe bermanfaat menurunkan kadar asam lambung. Hal ini karena jahe bersifat basa sehingga dapat menurunkan kadar asam lambung.

JUS LIDAH BUAYA

Gel lidah buaya dapat menurunkan asam lambung karena lidah buaya bersifat mendinginkan saluran cerna.

Komentar