oleh

6 Pandemi Paling Mematikan Sebelum Virus Corona

Graha Nusantara – Virus Corona atau COVID-19 merupakan virus mematikan yang beberapa bulan terakhir menjadi hal yang sangat menakutkan bagi banyak orang di belahan dunia. Tapi, tahukah anda, bahwa sebelum mewabahnya virus mematikan ini (Covid-19) ada juga beberapa virus yang sempat membunuh ribuan, dan bahkan jutaan manusia.

Inilah 10 pandemi paling mematikan yang juga sempat menghebohkan dunia sebelum virus corona muncul:

FLU HONGKONG

Virus ini menginfeksi manusia pertama kali pada tahun 1968, di hongkong, pandemik ini dikenal sebagai flu kategori 2 atau flu hongkong, jumlah korban meninggal yang terpapar virus ini berjumalah 1 juta jiwa. Berdasarkan laporan kasus flu hongkong pertama kali di laporkan pada 13 Juli 1968.

Selain di Hongong, virus ini tercatat menginfeksi penduduk Vietnam, Singapura, India, Filipina, India, Australia, Amerika Serikat hingga Eropa.

FLU ASIA

Wabah ini sempat menyerang penduduk China pada tahun 1956-1958, salah satu penyebaran wabah ini dari Provinsi Guizhou, kemudian ke Singapura, Hongkong dan Amerika Serikat.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan bahwa wabah Flu Asia menelan korban 2 juta jiwa, yang diantaranya sekitar 69.800 jiwa terjadi di Amerika Serikat.

HIV/AIDS

Penyakit HIV/AIDS pertama kali terindikasi di Kango pada tahun 1976. Sejak tahun 1981, penyakit ini telah menelan korban jiwa 36 juta orang.

KOLERA

Wabah yang satu ini berasal dari India dan telah menelan 800 jiwa di India, sebelum akhirnya meyebar ke Afrika Utara, Eropa Timur, Rusia dan Timur Tengah. Tetapi, pada tahun 1923 korban penderita wabah ini berkurang secara drastis di India.

FLU

Wabah ini merupakan wabah yang sangat mengerikan yang terjadi sekitar tahun 1918-1920, pandemi ini berbeda dengan pandemi lainnya yang hanya yang hanya menular kepada orang yang daya  tahan tubuhnya lemah, melainkan pandemi ini pada tahun 1918 korbannya adalah mereka yang berusia produktif serta yang dalam kondisi sehat.

Pandemi ini tercatat menelan korban jiwa sebanyak 20-50 juta jiwa, selain itu, pandemi mematikan ini hampir menginfeksi sepertiga dari penduduk dunia.

THE BLACK DEATH

Wabah ini juga menjadi wabah yang sangat mengerikan bagi penduduk dunia, wabah ini terjadi sekitar tahun 1346-1353. Wabah mengerikan ini dapat dikatan berhasil menghancur tiga benua sekaligus, yaitu Asia, Afrika dan Eropa.

Wabah ini menelan korban 25 juta jiwa. Fatalnya, pada sekitaran tahun tersebut, perdagangan dunia berada di titik puncak, sehingga penyebaran wabah ini sangat mudah untuk meluas dari daerah ke daerah dan dari negara ke negara. (*)