oleh

Persiapkan Diri Menjelang UN

Ujian Nasional atau UN kadang kala menjadi momentum menegangkan bagi para siswa, khsusunya untuk kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA/K. Meskipun Kemendikbud telah membuat kebijakan untuk menghapuskan UN, mungkin untuk tahun ini merupakan tahun terakhir bagi para siswa dalam mengalami ketegangan bahkan mungkin stress.

Hal terpenting yang harus para siswa jaga, selain pemahaman materi pelajaran adalah kondisi fisik. Pada dasarnya kondisi fisik pun menentukan fokus dan kinerja otak kalian dalam mengisi soal-soal ujian. Usahakanlah berolahraga seperti lari-lari kecil di pagi hari agar kebugaran tubuh tetap optimal.

Selain itu, menjaga konsentrasi dengan memberi asupan-supan gizi untuk otak dinilai penting, otak yang bekerja berlebihan karena belajar dan terus belajar baik di sekolah, bimbel, dan les privatre tentunya kan mudah letih. Maka sebaiknya menjelang Ujian Nasional tingkatkan daya tahan otak dengan menambah asupan gizi.

Sebagai penutup dan yang terpenting, dalam memahami materi pelajaran jangan memakai sistem kebut semalam karena cara ini merupakan cara yang sangat-sangat tidak efektif bahkan cenderung memaksakan, cobalah pahami materi pelajaran sedikit demi sedikit dan tidak tergesa-gesa.

Penulis turut doakan, agar segala kerja keras para siswa yang akan UN dapat terbayar dengan hasil yang memuaskan dan tentunya membanggakan baik untuk kalian secara pribadi, sekolah, dan terutama keluarga.