Beberapa Tips Sederhana Untuk Atasi Kutu Air

Grahanusantara.co.id, Tangerang – Kutu air terjadi karena ada infeksi jamur pada kulit kaki. Kondisi yang memiliki nama medis tinea pedis ini biasanya dimulai dari sela-sela jari kaki. Semakin lama, infeksi mulai menyebar dan bisa menyerang ke semua area kaki.

Infeksi bisa terjadi pada siapa saja, di usia berapa saja. Namun, risikonya disebut menjadi lebih besar pada kaki yang sering basah atau lembap, biasanya karena berkeringat atau Kkbiasaan mengenakan sepatu ketat. Kutu air bisa menyebabkan pengidapnya mengalami gatal-gatal pada kaki, muncul sisik, serta kemerahan pada area kulit yang mengalami infeksi.

Kabar baiknya, kutu air adalah kondisi yang bisa dicegah. Cara mencegah penyakit ini juga tergolong mudah dan sederhana. Sebelum mengetahui cara mencegah kondisi ini, penting untuk terlebih dahulu memahami hal-hal yang bisa menjadi penyebab infeksi jamur. Secara umum, kondisi ini paling sering disebabkan oleh infeksi jamur dari kelompok dermatophytes.

Infeksi kelompok jamur tersebut bisa meningkatkan risiko munculnya kutu air alias kurap. Jika terjadi karena infeksi jamur, kondisi ini bisa diatasi dengan obat antijamur. Sementara kurap yang disebabkan oleh faktor lain, seperti kaki yang sering lembap atau Kebiasaan mengenakan sepatu sempit bisa diatasi dengan cara mencegah pemicunya.

Kutu penyebab penyakit ini bisa menular, biasanya melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi sebelumnya. Selain itu, gangguan ini juga bisa terjadi karena lingkungan sekitar yang kurang terjaga kebersihannya. Kondisi ini juga bisa dipicu oleh penggunaan benda yang sudah terkontaminasi jamur, seperti sepatu, baju dan celana, atau handuk.

Meski bisa terjadi pada siapa saja, risiko penyakit ini ternyata meningkat pada orang yang memiliki riwayat gangguan kesehatan tertentu. Kutu air disebut lebih rentan menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh atau imunitas lemah, seperti pengidap penyakit diabetes atau HIV/AIDS. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa penyebab infeksi bisa terjadi.

Setelah mengetahui penyebab kurap, tindakan pencegahan bisa dilakukan. Secara umum, ada beberapa cara perawatan yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi ini, di antaranya:
1. Selalu menjaga kebersihan kaki dan memastikan kaki selalu kering serta tidak lembap.
2. Rutin mengganti kaus kaki, terutama jika sudah mulai kotor dan basah.
3. Jangan mengenakan sepatu yang terlalu sempit, pilih alas kaki yang nyaman dan memiliki sirkulasi udara baik.
4. Selalu mengenakan alas kaki, terutama saat beraktivitas di tempat umum.
5. Jangan bertukar sepatu, kaus kaki, atau handuk dengan orang lain.

Saat terserang kutu, penting untuk melakukan pengobatan agar gejala yang muncul bisa ditangani. Pengobatan dilakukan secara rutin hingga tuntas. Kemudian, dilanjutkan dengan perubahan Kebiasaan harian untuk mencegah kondisi ini kambuh. Setelah kutu air sembuh, biasakan untuk selalu menerapkan cara-cara pencegahan yang sudah disebutkan di atas.