PSI Berharap Kubu Jokowi Beri Lawan Untuk Anies

Graha Nusantara – Raja Juli Antoni selaku Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mengatakan bahwa kubu Presiden Joko Widodo harus mendorong tokoh nasional untuk Pilpres 2024 agar dapat membendung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Indo Barometer dalam survei-nya menyatakan, bahwa Anies adalah salah satu calon terkuat dalam Pilpres 2024. Tokoh-tokoh nasionalis, kata Raja Juli, perlu didorong muncul.

“Misalnya, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Ibu Risma, Pak Nurdin Abdullah dan tokoh-tokoh lain yang bisa menjadi pengganti Pak Jokowi,” ujarnya di Hotel Atlet Century, Senayan pada Ahad, 23 Februari 2020.

Raja Juli mengatakan kubu Presiden Jokowi harus bisa mendorong tokoh-tokoh tersebut maju sehingg bisa mengecilkan keberadaan Anies.

Antoni mengatakan PSI ingin menghadang Anies karena tidak ingin sosok yang membawa isu primordial dan retorika keagamaan yang bisa membelah masyarakat, menjadi pemimpin Indonesia di masa yang akan datang. Anies kini menjadi simbol populisme.

“Saya ingin mengajak kepada teman-teman partai maupun masyarakat yang masih pro terhadap nasionalisme, saya kira harus ada barisan nasional yang secara serius menghadang figur yang terfokus pada isu populisme ini,” ujar Raja Juli. Menurut Antoni, retorika sah-sah saja, tapi tanpa kinerja, semuanya menjadi nihil. “Apakah kata-kata dapat membebaskan Jakarta dari banjir? Pak Anies sebagai seorang Gubernur yang inkompeten, hanya menggunakan retorika tapi tanpa kerja,” ujar Antoni.