Galang Dana untuk Masyarakat Miskin, TAGANA Labuhanbatu lakukan Bedah Rumah

Grahanusantara.co.id, Rantauprapat – Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Labuhanbatu melakukan penggalangan dana dalam rangka membantu perbaikan rumah. Tidak cukup hanya melakukan penggalangan dana TAGANA juga ikut serta bekerja bersama tukang.

Sebagaimana yang disampaikan oleh ketua TAGANA Labuhanbatu Timbul Ritonga kegiatan bedah rumah ini merupakan salah satu program unggulan yang diagendakan oleh TAGANA Kab.Labuhanbatu.

“Kita sudah lakukan survey beberapa rumah yang sudah tidak layak huni untuk dimasukkan kedalam program bedah rumah TAGANA. Salah satunya rumah ibu Sutarmi ini,” ungkap Timbul Ritonga.

Ketua TAGANA Kab. Labuhanbatu bersama pengurus, Tokoh Masyarkat dan BABINSA bersama ibu Sutarmi dan keluarga berfoto di depan rumah yang sedang dibedah.

“Rumah ini sangat layak untuk diperbaiki karena sudah tidak layak lagi untuk ditempati, kami sudah berkoordinasi ke Dinas Sosial dan alhamdulillah respon Dinas sangat baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini,” tambahnya lagi.

Bedah Rumah yang dilakukan TAGANA ini berlokasi di Jl. Hikmah Kelurahan Perdamean Kec. Rantau Selatan Kab. Labuhanbatu, pemilik rumah tersebut adalah ibu Sutarmi, janda beranak 5 yang sudah 30 tahun menetap di rumah tersebut.

Untuk mempercepat dan meringankan biaya Timbul Ritonga selaku ketua TAGANA menurunkan pengurus untuk membantu para tukang yang bekerja disana.

“Kita sangat berharap kepada pemerintah dan masyarakat yang berkecukupan membantu dan meringankan beban masyarakat miskin yang ada disekitar kita. Dan kami selalu transparan dalam menyalurkan bantuan para donatur dan para tokoh masyarakat yang ingin mendonasikan rezekinya untuk membantu masyarakat agar memiliki rumah layak huni,” tegas Timbul.

Lanjut Timbul menjelaskan bahwa beberapa pengurus TAGANA sengaja kami turunkan langsung untuk mempercepat dan mengurangi biaya tukang. Jika tidak ada halangan sebelum hari raya idul fitri rumah ibu Sumarni ini sudah bisa ditempati.

Tagana sebagai Organisasi yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial berbasiskan masyarakat keberadaanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik dalam kondisi terjadi bencana maupun tidak. Karena dalam kondisi sekarang ini memang dibutuhkan rasa untuk saling tolong menolong dan memupuk kebersamaan agar meringankan beban masyarakat.