Soal Isu Inter Akan Ganti Nama dan Logo, Ini Kata Mantan Presiden Klub

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Bagi klub-klub di daratan Eropa, mengubah suatu logo dan nama mereka adalah hal yang lumrah saja. Perubahan dilakukan tentu bukan tanpa alasan, bisa jadi hal tersebut berkaitan dengan sponsorship, sejarah klub maupun faktor yang lainnya.

Inter Milan berencana mengganti logo klub dalam waktu dekat ini. Massimo Moratti sebagai mantan presiden sekaligus pemilik Nerazzurri angkat bicara.

Inter Milan biasa disebut oleh para pecinta sepakbola Italia punya nama lengkap ‘Football Club Internazionale Milano’ atau biasa disingkat FCIM. Terkadang juga biasa disebut Internazionale di Milano FC.

Nama ini sudah digunakan sejak klub itu pertama kali berdiri pada 1908 hingga saat ini. Nah, menyambut tahun yang baru ini, Inter juga ingin menyegarkan suasana klub.

Rencananya saat ulang tahun klub ke-103 pada 9 Maret mendatang, Inter akan mengumumkan logo serta nama klub baru. Meski pada prosesnya, isu soal nama baru klub dari Internazionale Milano menjadi Inter Milano dibantah keras oleh petinggi klub.

Yang benar adalah Inter memang ingin mengganti logo mereka saat ini, yang merupakan inisial FCIM’ dalam sebuah perisai lingkaran akan diganti dengan huruf I dan M saja.

Nah, pergantian logo ini merupakan keputusan besar yang dilakukan Inter di era Suning Grourp, dan tentunya mengundang pro-kontra. Massimo Moratti sebagai anggota keluarga pendiri Inter punya pendapatnya sendiri.

Menurut pengakuan Moratti, dia dulu pernah ingin menghapus ‘Milan’ dari Inter Milan, karena itu begitu lekat dengan AC Milan. Sementara, Inter memang jadi nama panggung dari Internazionale.

“Dulu di awal-awal kepemimpinan saya, kami pergi ke Austria untuk sebuah pertandingan resmi dan mereka menulis ‘Inter Milan’ di papan. Saya ingat saat itu langsung bicara ke direktur klub lawan kami dan meminta menghapus kata ‘Milan’, lalu mereka melakukannya,” ujar Moratti di Football-Italia.
“Inter dikenal karena kami adalah Inter, jadi tidak perlu ditambah-tambah lagi,” sambungnya.

Inter sendiri berdiri sejak 1908, dalam sepanjang perjalanan Inter Milan di semua kompetisi. Tahun 2010 menjadi yang terbaik bagi Nerazzuri, di mana pada waktu itu Inter berhasil menyabet Trebel Winners yakni Liga Champions, Liga Italia, dan Copa Italia.