Air Terjun Ponot Kepingan Surga di Kabupaten Asahan

Grahanusantara.co.id, Asahan – Destinasi wisata Air Terjun Ponot Asahan adalah salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Dengan ketinggian kurang lebih 250 meter serta susunan air terjun yang bertingkat dan debit air yang sangat deras semakin menambah pesona keindahannya.


Terletak di ketinggian 700 meter diatas permukaan air laut, air terjun ini berasal dari aliran sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan. Karena terletak di dataran tinggi membuat suhu udara di lokasi tersebut terasa sejuk dan segar.


Terdapat bebatuan alam berukuran besar di bawah air terjun sebagai pelengkap keindahan. Dan pada waktu tertentu, pengunjung bisa melihat ribuan kelelawar terbang di sekitaran air terjun. Menambah keunikan fenomena alam di objek wisata tersebut.

Lokasi wisata air terjun Ponot ini berada di Desa Tangga, tak terlalu jauh dari Porsea Paritohan, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Kurang lebih menempuh perjalanan selama 6 jam dari kota Medan.
Berbagai aktifitas dan kegiatan dapat dilakukan pengunjung di kawasan wisata air terjun Ponot ini diantaranya berenang dan bermain air, karena tak puas rasanya bila berkunjung dan tidak menikmati air yang terasa begitu menyegarkan.


Tak hanya itu, di area air terjun terdapat berbagai spot menarik tersedia bagi pengunjung yang suka hunting foto, dengan berlatar belakang pesona air terjun dan keindahan alam yang sungguh menawan.


Objek wisata air terjun Ponot dibuka setiap hari selama 24 jam. Dan beberapa fasilitas telah tersedia di air terjun ini seperti warung penjual makanan dan minuman, toilet, area parkir. Sementara untuk harga tiket masuk nya pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 10.000 rupiah untuk kendaraan jenis sepeda motor dan 20.000 rupiah untuk kendaraan mobil.