Erick-Sandi-Luthfi Menteri Muda untuk Indonesia

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Kolaborasi tiga Menteri Sandiaga Uno, Erick Thohir, M. Luthfi, sangat dinantikan gebrakannya. Mengingat, ketiga pengusaha sukses ini bersahabat sejak lama maka diharapkan ada kerja sama nyata yang lebih mudah.

Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto menilai Sandi bisa membantu Erick membesarkan BUMN di sektor pariwisata. Sementara selama ini menurutnya yang menonjol hanya BUMN perbankan dan energi saja.

“Untuk ke depan kalau kita mau punya BUMN di sektor-sektor lain juga yang kuat kan dia juga harus mengait nih dengan sektor-sektor jasa, salah satunya pariwisata ini. Intinya nanti dalam perkembangannya akan sangat dilihat bagaimana sinerginya dengan pariwisata di Indonesia,” kata dia seperti dilansir dari detikcom, Jumat (25/12/2020).

Rencananya, Survai Udara Penas akan menjadi induk holding yang menaungi Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Garuda Indonesia, Inna Hotels & Resorts, Sarinah, Indonesia Tourism Development Corporation, dan Taman Wisata Candi.

Tentu, bisa saja nantinya Sandi melahirkan kebijakan-kebijakan yang dapat mendukung BUMN-BUMN di sektor pariwisata tersebut.

“Jadi mengaitkan antara sektor pariwisata, perhotelan dengan penerbangannya,” sebutnya.

Lalu, kolaborasi yang bisa dibangun Sandi dan Lutfi yaitu bagaimana agar nantinya wisatawan tidak hanya menikmati alam dan budaya Indonesia, tetapi juga mau berbelanja produk-produk khasnya.

“Nah, itu bisa distrategikan sehingga nanti harapan Pak Sandi bahwa memang dampak paling parah salah satunya sektor pariwisata dan UMKM yang berkaitan dengan pariwisata itu bisa segera dipulihkan,” ujarnya.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet menilai bahwa kedekatan Erick dan Sandi bisa membuat BUMN lebih berperan aktif dalam mendukung pariwisata di dalam negeri.

“Tentu misalnya kalau kita berbicara konteks pariwisata misalnya, saya kira itu bisa didukung oleh BUMN,” paparnya.

Lalu, Lutfi selaku menteri perdagangan bisa mendorong produk-produk ekonomi kreatif berjaya di pasar mancanegara. Apalagi Lutfi sudah pernah duduk di Kementerian Perdagangan dan menjadi duta besar.

“Pak Lutfi sendiri saya kira yang bisa dilakukan tentu bagaimana mendukung pembiayaan ekspor yang lebih baik, khususnya mungkin untuk produk-produk UMKM ekonomi kreatif, mencari pasar baru,” tambahnya.