Sambut Semangat Wabup Perangi Narkoba, Masyarakat Dorong Polda Lakukan Tes Urine Terhadap DPRD Kab. Sumenep

Grahanusantara.co.id, Sumenep – Sumenep Progress mendorong Kapolda Jawa Timur (Irjen. Nico Afinta) untuk melakukan tes urine massal kepada seluruh pejabat dan anggota DPRD Kabupaten Sumenep.

Hal ini disampaikan Direktur Sumenep Progress, Hendri Asfan, menyambut deklarasi desa Bersih Narkoba (Bersinar) dan Pengukuhan Penggiat Anti Narkoba yang dilakukan oleh wakil Bupati Kab. Sumenep Achmad Fauzi pada Senin, 21/12/2020.

“Masyarakat menyambut baik deklarasi itu, kita meminta kepada Irjen Nico Afinta selaku
Kapolda Jawa Timur untuk turun tangan agar supaya melakukan tes urine secara massal kepada seluruh pejabat dan anggota DPRD Kabupaten Sumenep,” kata Hendri kepada Wartawan, Selasa (21/12/2020).

Menurut Hendri, pelaksanaan tes urine di lingkungan Pemkab Sumenep perlu dilakukan minimal dua kali dalam setahun untuk memutus rantai kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan pejabat Kabupaten Sumenep.

“Agar deklarasi itu membuahkan hasil, sangat perlu seluruh pejabat dan anggota DPRD-nya dites urine dulu. Selain sebagai percontohan bagi rakyat Sumenep, juga karena Pemkab Sumenep tidak benar-benar serius untuk berperang melawan narkoba,” ujar Hendri.

Ia mengatakan, Pemkab Sumenep harus memiliki aturan ketat yang mengatur seluruh pejabat, ASN, dan seluruh jajaran DPRD agar mematuhi untuk dites urine. Bahkan bila perlu, ada sanksi khusus untuk membuatkan papan nama jika misalkan pejabatnya absen dalam tes urine tersebut.

“Coba Pemkab Sumenep buatkan papan nama siapa saja pejabat yang tidak mau dites urine, nanti biar rakyat yang monitor. Tugas Pemkab harus segera menggandeng penegak hukum untuk melakukan tes urine massal agar pemberantasan Narkoba di Kabupaten Sumenep berkurang, tentu saja untuk mengetahui siapa saja pejabat nakal yang candu mengkonsumsi Narkoba,” tukasnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Ach. Fauzi menghadiri kegiatan deklarasi desa Bersih Narkoba (Bersinar) dan Pengukuhan Penggiat Anti Narkoba  bertempat di balai desa Kalianget Barat Kabupaten Sumenep.

Pada kegiatan tersebut, sejumlah pejabat FORKOPIMDA hadir diantaranya Kapolres Sumenep AKBP Darman S.I.K, Kasdim 0827 Mayor Inf R Hendro Prapto Mukti, Ketua BNN kabupaten Sumenep dan tokoh masyarakat lainnya.