Harga Vaksin Covid-19, Jokowi: Gratis

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Rencana penyuntikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat, Presiden Jokowi pastikan masyarakat tak perlu membayar sepeserpun alias gratis.

“Dapat saya sampaikan, bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali,” kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Keputusan ini diambil setelah Jokowi mendapatkan masukan dari masyarakat dan melakukan perhitungan ulang keuangan negara.

“Jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis,” terang Jokowi.

Jokowi menyatakan telah menginstruksikan seluruh jajaran kabinet, pimpinan kementerian/lembaga (K/L), dan pemerintah daerah (pemda) untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

“Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada menteri keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan vaksinasi secara gratis sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” katanya.