4 Menteri yang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Berikut ini ulasan tentang, rentetan Menteri-menteri Presiden Jokowi yang terkonfirmasi Positif Covid-19.

Siapa saja menteri yang sudah terpapar COVID-19? Ini selengkapnya:

1. Menteri Perhubungan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi orang pertama yang positif COVID-19 di jajaran kabinet Jokowi. Budi Karya diumumkan terpapar virus Corona pada 14 Maret 2020 lalu sebagai pasien dengan kasus ke-76.

“Saya sampaikan pasien nomor 76 salah satu pejabat di kementerian,” kata Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Albertus Budi Sulistya, di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).

Sama seperti Edhy Prabowo, Budi Karya juga dirawat di RSPAD Gatot Soebroto setelah sebelumnya dirawat di RS swasta karena sakit tifus. Sempat tidak sadarkan diri selama 14 hari, akhirnya dia diperbolehkan pulang setelah sembuh dari Corona per tanggal 31 Maret 2020.

Kini Budi Karya telah aktif menjalankan berbagai rapat dan kunjungan untuk melaksanakan tugasnya sebagai Menteri Perhubungan.

2. Menteri Agama

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi juga dikabarkan positif Corona pada 17 September lalu.

“Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan,” terang Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, dalam keterangannya, Senin (21/9/2020).

Kini, dia sudah sembuh dan beraktivitas seperti biasa. Hal itu disampaikan oleh Staf khusus Menteri Agama (Menag), Kevin Haikal sekaligus menepis kabar Menag Fachrul Razi kembali terkonfirmasi positif COVID-19.

“Tidak benar Menag kembali positif COVID-19. Alhamdulillah Menag dalam kondisi sehat dan menjalankan tugas sebagaimana biasa,” kata Kevin dalam keterangan tertulis di situs Kemenag, Rabu (2/12/2020).

3. Menteri Kelautan dan Perikanan

Eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo September lalu berjuang dari COVID-19. Dia sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Kalau itu, Edhy Prabowo dinyatakan positif Corona setelah melakukan kunjungan kerja ke beberapa tempat di Indonesia Timur selama satu minggu pada awal September. Dia pergi bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Aryo Hanggono yang hari ini meninggal dunia karena dinyatakan positif COVID-19 juga.

Kini dia melepas jabatannya sebagai menteri setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap ekspor benih lobster.

4. Menteri Ketenagakerjaan

Kemarin, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan terpapar COVID-19. Kini dirinya sedang melakukan isolasi.

“Sekarang saya melakukan isolasi untuk menghindari penularan. Mohon doanya semoga segera pulih,” kata Ida melalui pesan singkat yang diterima detikcom Kamis (3/12/2020).

Ida menjelaskan kondisi fisiknya saat ini dalam keadaan sehat meskipun terpapar COVID-19.