Jadi Wapres AS Wanita Pertama, Ini Profil Kamala Harris

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Joe Biden bersama wakilnya Kamala Harris resmi memenangkan pemilihan Presiden Amerika Serikat. Kamala Harris akan menjadi wakil presiden perempuan serta berkulit hitam pertama di negeri Paman Sam itu.

Menanggapi hal itu, Kamala Harris mengaku bahwa akan ada wanita serta berkulit hitam lainnya yang mengikuti jejaknya untuk duduk di Gedung Putih. Ia pun mengingatkan para generasi muda untuk terus bermimpi.

“Meskipun saya mungkin wanita pertama di kantor ini, saya tidak akan menjadi yang terakhir. Karena setiap gadis kecil yang menonton malam ini melihat bahwa ini adalah negara yang penuh peluang dan bagi anak-anak terlepas dari jenis kelamin Anda, negara kami telah mengirimkan pesan yang jelas: Bermimpilah dengan ambisi, pimpin dengan keyakinan,” ungkap Harris dalam pidatonya, Minggu (8/11/2020).

Profil

  1. Keturunan Afrika

Kamala Harris lahir di Oakland, California pada 20 Oktober 1964. Ia lahir dan besar dari orang tua yang aktif dalam gerakan hak-hak sipil, yakni Donald Harris dari Jamaika dan Shyamala Gopalan Harris dari India.

  1. Arti Nama Kamala

Namun, keluarga mereka harus bercerai sehingga Kamala diasuh oleh sang Ibu, Shyamala. Kamala mengaku sangat dekat dengan ibunya bahkan namanya merupakan pemberian dari sang Ibu yang telah meninggal di tahun 2009 lalu.

Nama ‘Kamala’ berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ‘bunga teratai’. Selain itu, arti kata ‘Kamala’ juga merupakan julukan lain dari dewi kesejahteraan, keberuntungan, dan keindahan dari agama Hindu, yakni dewi Lakshmi.

  1. Pendidikan

Kamala Harris mendapatkan pendidikan di Howard University. Secara historis universitas tersebut dikenal sebagai perguruan tinggi kulit hitam dan memiliki perkumpulan mahasiswa pertama untuk perempuan berkulit hitam.

Selain di Howard University, Kamala juga diketahui menempuh pendidikan di University of California, Hastings. Ia pun mulai aktif dalam bidang yang ia geluti.

  1. Pernah Menjadi Senator Mewakili California

Pada tahun 2017, Kamala Harris dipercaya untuk menjadi senator mewakili California. Setelah itu, ia aktif di Homeland Security and Governmental Affairs Committee, Select Committee on Intelligence, Committee on the Judiciary, dan Committee on the Budget.

  1. Keluarga

Kamala Harris telah menikah dengan Douglas Emhoff pada tahun 2014. Douglas sendiri berprofesi sebagai pengacara dan memiliki dua anak dari pernikahan sebelumnya.