Soal Vaksin Covid-19, Wagub DKI: Kami Menunggu

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini masih menunggu kabar dari pemerintah pusat terkait rencana vaksinasi virus Corona. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya baru mulai memetakan tugas apabila vaksinnya sudah ada.

“Ya vaksinasi itu kita masih menunggu nanti dari pemerintah pusat, dari Kemenkes, Kementerian BUMN yang terkait satgas pusat, kami masih menunggu. Informasinya kan di akhir tahun ini. Nanti kalau sudah tiba, ada barangnya, nanti pemerintah yang mengatur pembagiannya, lokasi. Kami sebagai pemprov hanya menerima saja berapa jumlahnya, kapan, totalnya berapa, tahapannya bagaimana, nanti tentu kami akan mengikuti arahan pemerintah pusat, mana yang menjadi prioritas,” ujar Riza kepada wartawan, Senin (9/11/2020).

Lalu, apakah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Riza akan ikut disuntik vaksin? Riza mengaku pihaknya akan mengikuti arahan pemerintah pusat.

“Kalau itu (ikut vaksin) kami akan mengikuti apa yang menjadi kebijakan dari pemerintah pusat siapa yang diprioritaskan, apakah dokter, tenaga kesehatan, pejabat, kami mengikuti,” ucapnya.

Menurutnya, kelompok yang akan menjadi prioritas mendapatkan vaksin Corona itu tenaga kesehatan. Riza mengatakan Pemprov DKI Jakarta senantiasa mendukung apa yang menjadi program pemerintah pusat.

“Siapa yang diprioritaskan apakah dokter, tenaga kesehatan atau pimpinan, pejabat, kami mengikuti saja, yang kami dengar itu kan yang diprioritaskan tenaga kesehatan dulu. Prinsipnya kami mendukung kebijakan pemerintah,” kata Riza.