oleh

Terapkan 6 Cara Makan Sehat Anda

Grahanusantara.co.id – apakah Anda telah menerapkan pola makan yang sehat? Ingat, sesuatu yang anda makan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh anda loh, perlu di catat, bahwa nutrisi yang baik adalah bagian penting dari gaya hidup sehat loh.

Di negara maju sekelas Negara Pamansam, pola makan tidak sehat telah menyebabkan epidemi obesitas.

Meskipun memiliki berat badan yang sangat ideal, pola makan yang buruk juga dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, diantaranya seperti jantung, hipertensi, diabetes, osteoporosis, dan jenis kanker tertentu lainnya.

Menerapkan pola makan sehat dapat membantu anda melindungi diri dari persoalan kesehatan yang muncul karena buruknya pola makan.

Lantas, bagaimana cara mengembangkan pola makan sehat? Silahkan di intip  6 cara pola makan berikut:

1. Makan seimbang Ahli gizi Cheryl Forberg menyarankan konsumsi makanan yang mengandung 45 persen karbohidrat, 30 persen protein, serta 35 persen lemak. Celakanya, banyak orang menghindari konsumsi lemak, karena takut berat badan meningkat. Padahal, kurang mengonsumsi lemak dapat membuat mudah lapar, seperti yang disampaikan Forberg

 “Lemak adalah pembawa rasa yang membantu makanan lain terasa lebih kuat,” ujarnya.

2. Hindari makanan olahan dan pilihlah makanan utuh seperti sayur, buah, kacang, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, dan pasta gandum, nasi, serta roti. Ingat, makanan olahan mengandung banyak racun bagi tubuh anda. Jadi, sebaliknya, makanan utuh justru kaya antioksidan dan serat.

3. Yang paling penting adalah memperbanyak konsumsi sayuran hijau yang kaya serat serta air bisa membuat perut kenyang. Oleh karenanya, Forberg menyarankan agar mengonsumsi lebih banyak sayur seperti bayam, tomat, atau sayuran hijau.

“Kamu akan terkejut dengan seberapa banyak kamu bisa makan ketika kamu mengikuti rencana ini,” lanjutnya.

4. Apakah anda pernah membuat jurnal makanan serta menuliskan catatan apa saja yang kita makan? Tahukah Anda, mencatat yang kita makan dapat memperbesar peluang menurunkan berat badan. Jadi, meluangkan sedikit waktu setiap hari untuk menuliskan apa yang kita makan dan minum dapat meningkatkan peluang untuk menurunkan berat badan.

5. Tetapkan batas sehat Para ahli merekomendasikan agar wanita mengonsumsi 1.200 hingga 1.500 kalori sehari dan pria 1.600 hingga 2.400. “Jika kamu sangat lelah, makanlah sedikit lagi. Ini tentang membuat perubahan gaya hidup dan melakukan sesuatu yang berkelanjutan,” sarannya.

6. Jangan sampai terlalu lapar atau kenyang, saat terlalu lapar, anda cenderung memilih makanan yang salah serta bisa makan terlalu banyak. Forberg juga menhimbau agar tidak makan berlebihan.

Komentar