Malas Olahraga? Nih Solusinya

Grahanusantara.co.id – Jika kamu malas berolahraga dengan alasan lelah, tanyakan pada diri apakah itu kelelahan fisik atau mental. Jika kelelahan bukan karena kurang tidur, sakit, atau pekerjaan yang menuntut fisik, kemungkinan besar kamu lelah secara mental.

Berikut ulasan sehat pengganti olahraga, untuk kebugaran tubuh Anda;

  1. Ganti Jenis Olahraga 

Berada di lingkungan baru akan membuat kamu tidak monoton dan ini cocok untuk kamu yang malas melakukan aktivitas itu-itu saja. Cobalah untuk mengombinasikan jenis latihanmu. Misalnya hari ini kamu sepedaan, besok lari, besoknya lagi yoga. 

  1. Cobalah Sesuatu di Luar Zona Nyaman 

Jika kamu terlalu nyaman melakukan satu jenis olahraga saja, bisa jadi ini yang membuat kamu malas. Karena kamu sudah tahu langkah-langkahnya bagaimana. Nah, supaya kamu tidak bosan, cobalah untuk melakukan sesuatu di luar zona nyamanmu. Ini bisa dilakukan dengan tetap melakukan jenis olahraga yang sama, tetapi menambah durasi ataupun tantangan berbeda supaya kamu juga dapat meningkatkan kualitas latihanmu. 

  1. Mengenakan Pakaian Olahraga yang Fun 

Siapa bilang olahraga hanya soal mengolah fisik? Ternyata mengenakan pakaian yang nyaman, fun, dan keren juga dapat meningkatkan mood. Kalau dengan tampil fashionable bisa bikin kamu tidak malas berolahraga, kenapa tidak dicoba?

  1. Perbarui Playlist 

Musik juga dapat memberikan pengaruh pada semangat berolahraga. Cobalah untuk memang playlist yang menyenangkan dan dapat meningkatkan semangatmu untuk mengolah badan. Bila perlu, ganti secara perkala playlist-mu supaya kamu tidak bosan. 

  1. Bergabung pada Kompetisi

Bergabung pada suatu kompetisi olahraga juga bisa membuat kamu semakin semangat berolahraga. Nah, misalnya nih kamu lagi asyik-asyiknya mencoba olahraga lari, cobalah untuk bergabung dengan kegiatan lari di gunung. Suasana baru dan semangat berkompetisi akan memompa energi untuk tetap berolahraga. 

  1. Olahraga Bareng Teman 

Kalau kamu butuh seseorang untuk memotivasi, bisa jadi olahraga dengan teman-teman akan memompa semangatmu. Positifnya kalian bisa saling menyemangati kalau satu sama lain sedang loyo untuk olahraga.

 7. Apa yang Memotivasimu?

Pada akhirnya seberapa banyak pun list yang kamu buat untuk mengatasi rasa malas berolahraga, tips yang paling mujarab adalah memotivasi diri sendiri. Coba tanyakan pada diri sendiri, kira-kira apa yang paling memotivasi dirimu untuk berolahraga?

Berat badan, mengidap sakit tertentu, atau anggota keluarga yang mengalami sakit keras? Situasi pandemi saat ini juga menjadi motivasi kuat untuk berolahraga. Menjaga kesehatan fisik di masa pandemi adalah kunci meningkatkan imunitas tubuh.